Salah satu pengunjung menikmati ekstotiknya Bukit Budug Asu @malangmbois
Salah satu pengunjung menikmati ekstotiknya Bukit Budug Asu @malangmbois

MALANGTODAY.NET – Pernah dengar wisata bukit Budug Asu? Kalau belum, yuk ngulik sejenak wisata  yang ada di Lawang, Kabupaten Malang ini.

Wisata ini memang sedang naik daun di kalangan traveler yang suka bepergian ke gunung atau tempat-tempat alam lainnya. Bagaimana tidak, Budug Asu menjadi salah satu jujugan asyik yang menantang dan mengundang pesona.

Kalian yang pernah ke Budug Asu, boleh bilang kalau destinasi ini sangat memuaskan. Tidak hanya perkara keelokan alamnya saja, tetapi perjalanan menuju puncak juga sangat menggoda.

Eits, perlu kalian tahu, konon bukit yang berada dalam ketinggian 2.000 mdpl ini dulunya terdapat anjing yang sedang mengidap penyakit budug. Penamaan Budug Asu diambil dari peristiwa tersebut. Budug berarti penyakit kulit semacam koreng, sedang Asu adalah sebutan hewan anjing dalam bahasa Jawa.

Tertarik?
Salah satu tarncking menuju Bukit Budug Asu @lingkarmalang
Salah satu tarncking menuju Bukit Budug Asu @lingkarmalang

Jika kalian tertarik ke sana, ada baiknya ikuti rute yang banyak dilalui orang. Gunakan jalur dari Kebun Teh Wonosari, Lawang, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Rute dari sini memang terbilang mudah. Terutama sangat disarankan bagi yang pertama kali ke sini.

Berbagai sumber mengatakan, kalian bisa menggunakan mobil dan motor untuk menuju ke bukit ini. Namun, pastikan mobil dan motor kalian tahan banting dan tidak mudah goyah saat melewatinya.

Selain melalui rute Kebun Teh Wonosari, Budug Asu juga bisa lewat jalur di Kecamatan Singosari, yakni Balai Besar Inseminasi Buatan (BBIB) Singosari dan Stupa Sumberawan.

Lalu, kegiatan apa saja yang bisa kalian lakukan di bukit ini?

Sebenarnya, banyak yang bisa dilakukan di bukit yang terletak di kaki Gunung Arjuna ini. Di antaranya adalah berpose ria. Banyak spot-spot foto yang menggelitik yang bisa digunakan untuk mengabadikan momen.

Kalian yang gemar memegang dan berada di depan kamera, Budug Asu bisa dijadikan salah satu spot foto alam yang menakjubkan. Hamparan kebun hijau, jalur yang epik, dan spot yang mendukung menjadi paket lengkap yang memukau.

Bagi kalian yang suka bermalam di alam terbuka, Budug Asu juga bisa dijadikan salah satu alternatif menikmati bintang lebih dekat. Ada areal luas yang bisa digunakan untuk bermalam di sini. Namanya Budug Asu Camp.

Asyiknya nge-camp di Budug Asu @dolandolen
Asyiknya nge-camp di Budug Asu @dolandolen

Tak usah khawatir, di Budug Asu juga udah ada warung yang menyediakan berbagai makanan yang bisa kalian nikmati sambil menghadap luasnya bukit.

Di bukit ini, kalian juga bisa menanti datangnya sunrise yang indah. Pelan-pelan kabut akan menyibak dan muncullah mentari pagi yang hangat.

Bagi kalian yang ingin memacu adrenalin, di Budug Asu juga ada Canyoning di Tebing Sriti dan Rock Climbing yang menantang. Dua kegiatan ini bisa kalian nikmati sambil merasakan degub jantung dan semilir angin. Dua perpaduan yang epik!

Hal-hal yang perlu kalian perhatikan!

Pertama, persiapkan segala keperluan diri sebelum berangkat ke puncak Budug Asu. Misalnya, jaket, mantel, sepatu atau sandal gunung, dan lain sebagainya agar perjalanan kalian aman dan nyaman.

Salah satu spot foto di Bukit Budug Asu @phinemo
Salah satu spot foto di Bukit Budug Asu @phinemo

Kedua, bawa bekal yang cukup. Beberapa sumber mengatakan rute selain dari Kebun Teh Wonosari bisa ditempuh berjam-jam perjalanan. Sehingga, itu membutuhkan banyak asupan makanan dan minuman.

Meski demikian, jika lewat jalur Kebun Teh Wonosari juga perlu bekal yang cukup. Perjalanan yang hampir 1 jam-an ini, juga butuh stamina yang cukup!

Ketiga, sayangi lingkungan. Ke manapun kita pergi, jangan meninggalkan sampah sembarangan. Yuk mulai peduli lingkungan!

Keempat, biaya masuk ke bukit yang indah ini cukup dengan Rp 5-10 ribu. Untuk parkir motor, dikenai Rp 3 ribu. Bagi kalian yang menggunakan motor cross dan mobil jeep, siapkan dana sebesar Rp 10 hingga 25 ribu.

Cukup murah, bukan? Rencanakan ke Budug Asu sebelum puasa nanti! (Bas)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.