Seseorang sedang memilah Apel Anna untuk dijual @harian analisa

MALANGTODAY.NET – Berkunjung ke Malang, tidak afdal bila meninggalkan oleh-oleh khas kota ini. Salah satu oleh-oleh itu adalah buah apel.

Tentu, ZensTODAY sering mendengar tentang apel khas Malang. Tapi tahukah, Zens, bahwa apel malang itu memunyai beragam jenis?

Atau Zens sering bingung mana sih apel malang yang ‘malang banget’?

Sebelum membahas lebih jauh, perlu Zens ketahui bahwa apel malang yang terkenal itu ada tiga jenis. Apel-apel tersebut adalah Apel Manalagi, Apel Roma Beauty, dan Apel Anna.

Masing-masing apel punya ciri khas yang berbeda. Mau tahu? Yuk simak ulasan berikut ini!

Apel Manalagi

Apel Manalagi menjadi apel yang digandrungi banyak orang. Pasalnya, apel ini memiliki rasa yang manis dan beraroma wangi. Rasa dan aroma inilah yang mungkin membuat banyak orang kepincut.

Secara tekstur, daging apel manalagi sangat keras dan renyah. Jika memakannya, yang terdengar bunyi kres pada setiap gigitannya.

Sebagai pembeda dari apel-apel malang lainnya, apel ini memiliki warna kulit yang hijau bersemu kuning atau hijau kekuning-kuningan.

Selain itu, buahnya berbentuk bulat dengan pangkal berlekuk datar.

Kalau Zens menjumpai apel dengan ciri-ciri di atas, sudah pasti itu adalah Apel Manalagi yang bikin nagih.

Apel ini banyak ditemui di berbagai pusat oleh-oleh yang ada di Malang Raya. Di berbagai lapak penjual buah juga banyak dijumpai apel manis ini.

Apel Manalagi @specialty
Apel Manalagi @specialty
Apel Roma Beauty

Namanya yang tidak biasa, mungkin tersengar asing bagi wisatawan Malang. Tapi, apel ini banyak ditemui di Malang.

Bentuk apel yang bulat dan berwarna merah dengan sedikit kombinasi hijau ini, banyak digunakan sebagai bahan minuman sari apel. Itu sebab, mungkin, apel ini terdengar asing.

Tidak jauh berbeda dengan Apel Manalagi, Apel Rome Beauty juga memunyai tekstur daging yang keras dan renyah. Apel ini juga memiliki kandungan air yang banyak.

Namun, jika digigit, apel ini memiliki rasa sedikit asam. Kombinasi renyah, asam, dan air yang banyak, membuat apel ini memiliki daya pikat sendiri. Terutama bagi Zens yang gemar makan buah apel yang asam, Apel Roma Beauty ini bisa jadi solusinya.

Apel Roma Beauty @aneka wisata
Apel Roma Beauty @aneka wisata
Apel Anna

Apel malang yang juga moncer keberadaannya adalah Apel Anna. Sungguh, apel ini sangat berbeda dengan dua apel malang di atas. Kok bisa?

Ciri pertama yang menonjol adalah bentuknya. Apel ini berbentuk oval. Selain itu, didukung pula dengan warna kulit yang ngejreng, merah kombinasi kuning, membuat apel ini tampak menonjol.

Sangat kontras jika disandingkan dengan Apel Manalagi.

Soal rasa, apel ini menyimpan rasa asam ketika digigit. Namun, itu segera terkubur dengan tekstur daging yang lembut dan empuk.

Kalau mendapat kesempatan mencicipi apel ini, Zens pasti merasa gigitan yang ‘nyes’ dari apel ini. Tekstur ‘nyes’ inilah menjadi pelengkap Apel Anna dan pembeda dari apel-apel malang yang lain.

Apel Anna @terambah
Apel Anna @terambah

Oh ya, Apel Anna juga banyak dijumpai di pusat oleh-oleh. Zens tak perlu khawatir soal stok apel ini. Apel Anna selalu dijual bersandingan dengan Apel Manalagi. Itu sebabnya, dua apel ini ‘semacam’ oleh-oleh ikonik khas Malang.

Nah, itulah tiga jenis apel malang yang bisa ZensTODAY jadikan oleh-oleh usai berkunjung ke Malang. Tenang saja, apel-apel ini tahan lama, sekitar satu bulan. Sehingga sangat aman bagi wisatawan Malang dari luar kota.

Tertarik membeli? Jadi, sekarang jangan bingung lagi! (Bas)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.