Sederet Wisata Alternatif Yang Ramah Kantong di Kota Malang
Hutan Kota Malabar @ Instagram.com

MALANGTODAY.NET – Pas momen long weekend ini, udah ada rencana jalan-jalan belum? Kalau belum, yuk simak sederet wisata alternatif di Kota Malang yang dijamin nggak bakalan nguras kantong!

  1. Taman Rekreasi Kota Malang (Tarekot)
Sederet Wisata Alternatif Yang Ramah Kantong di Kota Malang
Taman Rekreasi Kota @ tripadvisor.co.id

Lokasinya ada di belakang Balai Kota Malang, jadi nggak terlalu jauh dari pusat kota. Wahana yang disediakan disana memang tidak banyak, tapi ada kolam renang yang bakal bikin libur panjang kamu jadi lebih menyenangkan.

Untuk masuk ke area kolam renang, kalian cukup membayar Rp. 300,- buat main sepuasnya disana. Iya, serius, 300 perak aja. Murah banget kan?

  1. ‎Alun-alun Kota Malang
Sederet Wisata Alternatif Yang Ramah Kantong di Kota Malang
Alun-alun Malang @ MalangTODAY.net

Geser sedikit dari Tarekot, ada Alun-alun Kota Malang. Disana ada banyak wahana bermain anak-anak yang bisa dinikmati secara gratis. Selain itu, ada juga beberapa spot foto yang instagramable banget.

Nggak jauh dari Alun-alun Kota, kamu juga bisa menikmati sederet bangunan lawas peninggalan kolonial Belanda. Seperti Gedung Bank Indonesia dan Kantor Pos. Ada juga bangunan bersejarah lainnya, yaitu Sarinah hingga Toko Oen.

  1. ‎Alun-alun Bundaran Tugu
Sederet Wisata Alternatif Yang Ramah Kantong di Kota Malang
Alun-alun Bundaran Tugu @ Instagram.com

Kalau yang satu ini, udah nggak asing lagi, karena memang menjadi salah satu ikon Kota Malang sejak lama. Lokasinya tepat berada di depan Balai Kota Malang.

Spot yang satu ini memang selalu menjadi tujuan wajib wisatawan ketika ke Malang. Penataan taman yang rapi dengan sederet ornamen khas Eropa, menjadi salah satu alasan banyak wisatawan datang untuk berfoto dengan latar belakang monumen atau gedung Balai Kota Malang.

  1. ‎Keliling Kota Malang Gratis dengan Macyto (Malang City Tour)
Sederet Wisata Alternatif Yang Ramah Kantong di Kota Malang
Malang City Tour @ Instagram.com

Buat yang pengen menikmati berbagai ikon Kota Malang secara gratis, Bus Malang City Tour (Macyto) menjadi pilihan yang paling pas nih.

Bus berwarna hijau itu selalu mangkal di kawasan Balai Kota Malang di jam-jam tertentu. Tepatnya mulai pukul 09.00 WIB dan akan beristirahat saat jam makan siang. Lalu akan beroperasi kembali sekitar pukul 13.00 WIB sampai sore.

Kamu bakalan diajak muter-muter ke beberapa kawasan kebanggaan Kota Malang. Mulai dari kawasan Balai Kota Malang, perempatan Rajabali, Stadion Gajayana, kawasan Idjen Boulevard, hingga Pasar Besar.

  1. ‎Kampung Tematik

Buat kampung tematik, di kota pendidikan ini ada banyak banget jenisnya. Kamu bisa milih satu atau dateng ke semua tematik tersebut. Yang paling hits, pastinya Kampung Warna-warni (KWW) Jodipan dan Kampung Tridi.

Untuk masuk ke KWW, kamu cukup membayar tiket sebesar Rp. 2.000,- yang nantinya akan diganti dengan stiker atau ikon cantik lainnya. Sedangkan di seberang KWW, ada Kampung Tridi. Untuk bisa ke sana, sekarang aksesnya lebih mudah karena sudah ada jembatan kaca yang menghubungkan KWW dan Kampung Tridi.

Sederet Wisata Alternatif Yang Ramah Kantong di Kota Malang
Kampung Warna-warni @ Instagram.com

Nyebrang lagi ke bagian lain dari Kampung Warna-warni dan Tridi, ada yang namanya Kampung Arema. Meskipun belum diresmikan, tapi kamu udah bisa berfoto dengan latar belakang rumah yang dicat dengan warna kebanggaan Arema, yaitu warna biru.

Selain itu juga ada Kampung 3G atau Kampung Glintung Go Green, yang terletak di Kecamatan Blimbing. Masuk di kampung 3G, kalian akan merasakan hembusan angin Kota Malang di era 80-an, yang memang lebih sejuk daripada sekarnag. Ada juga sederet spot foto kece yang bisa kalian ambil di sana.

Terakhir, ada yang namanya Kampung Putih. Letaknya tepat di bawah RSUD Syaiful Anwar. Kampung yang dulunya terkenal kumuh itu, sekarang udah lebih cantik dengan keseragaman warna tembok yang dicat putih dan hijau.

  1. ‎Pedestrian Cantik

Pedestrian cantik memang banyak tersebar di beberapa titik Kota Malang, salah satunya kawasan Idjen Boulevard. Disana ada dua titik pedestrian yang sering menjadi serbuan wisatawan.

Pertama, yang berada di depan kawasan Perpustakaan dan Arsip Kota Malang, dan yang kedua berada di kawasan sebelah Simpang Balapan. Dua pedestrian yang masih berada di satu lokasi itu, di tata dengan desain khas Eropa, lengkap dengan bangku dan lampunya yang kece.

Sederet Wisata Alternatif Yang Ramah Kantong di Kota Malang
Pedestrian Ijen @ Instagram.com

Selain itu ada juga pedestrian cantik di kawasan Dieng, yang saat ini memang tampil lebih rapi dibandingkan yang lain.

Buat yang melintas di kawasan Rampal, kalian juga bisa berhenti sejenak untuk berfoto dengan tokoh superhero Avengers. Karena di sana ada beberapa patung superhero Avengers yang berdiri kokoh. Pada malam hari, pedestrian di kawasan Lapangan Rampal itu tampak lebih cantik dengan lampu-lampunya.

  1. Hutan Kota Malabar
Sederet Wisata Alternatif Yang Ramah Kantong di Kota Malang
Hutan Kota Malabar @ Instagram.com

Hutan kota yang satu ini nggak hanya bagus, tapi juga memiliki banyak jenis pohon dengan usia yang lumayan tua. Memasuki kawasan hutan kota ini, kalian dapat menghirup udara yang segar dan suasana hening. Cocok banget buat kamu yang mau nyari suasana relax, tapi nggak mau jauh-jauh dari pusat kota.

Alright, itu dia sederet kawasan yang bisa dicoba untuk mengisi libur panjang kamu.

Daripada bengong dan mager (males gerak) di rumah, mending keluar rumah aja. Iya nggak? Nggak perlu jauh-jauh, cukup nikmati keindahan yang ada di dekat kamu. Happy Long Weekend! (Pit/Ans)

Berikan tanggapan Anda

Komentar Anda