Toilet Ini Diserbu Ratusan Ribu Wisatawan Tiap Tahun, Apa Menariknya?
Toilet karya Hundertwasser di kota Kawakawa New Zealand (Istimewa)

MALANGTODAY.NET Toilet biasanya menjadi salah satu fasilitas umum wajib bagi setiap tempat wisata. Namun apa jadinya jika toilet tersebutlah yang justru menjadi destinasi bagi para wisatawan. Seperti yang terjadi di salah satu toilet umum di kota Kawakawa, Selandia Baru.

Sekilas toilet tersebut merupakan tempat biasa. Akan tetapi, sekitar 250.000 wisatawan setiap tahunnya mendatangi toilet rancangan Friedensreich Hundertwasser tersebut.

Baca Juga  Nikmati Moment Kebersamaan dengan Tersayang di Oikii Cafe & Resto

Jika dilihat secara seksama toilet itu memiliki arsitektur yang cukup menarik. Mulai dari susunan batu bata bekas gedung Bank Selandia Baru yang dihancurkan. Ubin yang dibuat oleh siswa di Bay of Islands College. Di tambah beberapa ornamen dari botol kosong, potongan beton, baja dan tembaga pada setiap detail unik.

Toilet karya Hundertwasser di kota Kawakawa New Zealand (Istimewa)
Toilet karya Hundertwasser di kota Kawakawa New Zealand (Istimewa)

Dilansir dari laman News, Hundertwasser merupakan seorang arsitek ternama dari Austria. Ia pindah ke Selandia Baru pada tahun 1970-an dan menciptakan mahakarya yakni toilet tersebut pada tahun 1999 lalu.

Akan tetapi mahakaryanya itu tidak serma merta langsung populer. Publik baru banyak mengetahuinya sejak Hundertwasser meninggal dunia di laut pada usia 71 tahun atau 20 tahun sejak toilet itu dibuat.

Baca Juga  Jelang Festival Pesona Bunaken 2018, Ini Fakta Menarik Taman Laut Bunaken

Bahkan, banyak wisatawan yang mengunjungi toilet itu hanya untuk sekadar berfoto baik di area dalam maupun luar toilet.

Menariknya juga, area sekitar toilet tersebut menjadi lebih hidup. Hal itu terlihat dari banyaknya kafe kecil bermunculan di sepanjang jalan yang dulunya rusak dan sunyi sepi. (HAM)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.