Kunjungan Wisatawan di Kota Malang Terus Terdongkrak
Sungai Brantas di tengah-tengah Kampung Wisata Warna-Warni

MALANGTODAY.NET – Masyarakat Indonesia sempat dilanda tren wisata ke tempat yang bernuansa warna-warni. Salah satunya yaitu suguhan obyek wisata berupa kampung yang warna-warni.

Di Indonesia, ada beberapa kota yang menawarkan destinasi demikian. Salah satu yang paling terkenal adalah Kampung Warna-warni Jodipan di Kota Malang. Selain Malang, ternyata masih ada loh empat kota yang menawarkan wisata serupa. Berikut adalah lima kota di Indonesia tersebut.

1. Kampung Pelangi, Semarang

Kampung Pelangi @varie_foto
Kampung Pelangi @varie_foto

Kampung ini lokasinya tak terlalu jauh dari Simpang Lima ataupun Tugu Muda Semarang. Rumah-rumah warga di sini dicat warna-warni. Selain itu, ada juga spot yang memang dikhususkan untuk wisatawan sehingga ada property yang bisa bebas digunakan. Di area depan kampung ini, terdapat deretan toko bunga taau pasar bunga Kalisari.

2. Kampung Code, Yogyakarta

Kampung Code @Jogjaholic
Kampung Code @Jogjaholic

Sesuai namanya, kampung ini berada di bantaran Kali Code. Berkat inovasi dari arsitek Romo BB Manguwijaya, kampung yang dulunya terdiri dari rumah-rumah bambu dan kumuh ini sekarang nampak lebih indah. Dilansir dari Detik.com (24/3/2016), jalanan menuju rumah warga dibuat mengikuti kontur tanah. Tak heran, jalanan di sini berkelok dan berundak.

3. Kampung Warna-warni Teluk Seribu, Balikpapan

"<yoastmark

Di Kalimantan juga ada kampung warna-warni, salah satunya di Balikpapan. Uniknya, di kampung ini wisatawan bisa melihat pemandangan kampung dengan naik perahu. Lukisan-lukisan tiga dimensi di kampung ini juga sayang jika dilewatkan.

4. Kampung Warna-warni Lubuk Linggau

"<yoastmark

Nggak kalah dengan Jawa dan Kalimantan, Sumatera juga punya. Lokasi tepatnya ada di Lubuk Linggau, Sumatera Selatan. Dilansir dari Detik.com (24/4/2017), daerah ini dulunya terkenal dengan pusat perjudian dan narkoba. Namun, dengan pendekatan yang baik, pemerintah setempat bisa memmberikan pemahaman kepada warga. Alhasil kini image buruk dari daerah ini sudah berangsur luntur.

5. Kampung Warna-warni, Jodipan, Kota Malang

Potret kampung warna-warni Jodipan (kanan) dari jembatan kaca @MalangTODAY.net

Kalau yang ini, siapa sih yang nggak pernah dengar? Tentu sudah banyak yang kenal ya. Di kawasan ini, ada dua kampung yang sering diidentikkan, yaitu kampung 3D dan kampung Jodipan. Keduanya adalah dua kampung yang pengelolanya berbeda.

Kedua kampung ini terhubung dengan jembatan kaca, kemudian banyak masyarakat yang mengartikan mereka harus membayar tiket satu kali saja. Padahal hal tersebut tidak benar. Kedua kampung ini warnanya memang sama-sama warna-warni. Namun, kampung 3D lebih menonjolkan gambar tiga dimensinya. Jangan salah lagi ya, Zens! (AL)

 

 

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.