Sumur Windu Ken Dedes Diyakini Mampu Ijabah Doa
Sumur Windu Ken Dedes dipercaya bisa mengijabahi doa peziarah @MalangTODAY/pipit

MALANGTODAY.NET – Sumur Windu Ken Dedes atau sumur tak berujung yang terletak di Kelurahan Polowijen, Blimbing, Kota Malang selalu banyak dikunjungi. Masyarakat pun percaya, berziarah ke situs bersejarah itu dapat mengijabah doa atau keinginan seseorang.

“Tidak ada syarat apa-apa, tapi biasanya membawa wewangian seperti dupa,” kata perwakilan juru kunci Sumur Windu Ken Dedes, Sugianto, Minggu (2/4).

Menurutnya, masyarakat yang berkunjung setiap harinya selalu ada, baik dari dalam maupun luar kota dengan tujuan yang berbeda-beda, ada yang sekedar berziarah, untuk mendoakan leluhur, atau juga meminta restu.

“Tujuannya banyak, asal yang baik-baik ya mudah-mudahan doanya terkabul,” tambahnya.

Dia juga menyampaikan, manfaat dari berkunjung ke Sumur Windu Ken Dedes ini tak lain adalah untuk melestarikan budaya nenek moyang bangsa Indonesia. Sebab saat ini, ada banyak budaya yang mulai terkikis oleh arus globalisasi.

Bahkan para pemuda zaman sekarang menurutnya cenderung tak percaya dengan budaya leluhurnya, dan memandangnya sebagai sesuatu yang mistis. Padahal, manusia yang ada saat ini merupakan keturunan dari bangsa agung di masa lalu.

Di juga menyampaikan, setelah dipugar pada tahun 2002 lalu, situs bersejarah ini pun semakin tertata rapi. Sumur yang sebelumnya tak terawat dan membuat air meluber layaknya kolam pun ditutup dengan beton. Sedangkan di atasnya tampak penutup layaknya miniatur rumah dan banyak didapati dupa serta bunga tujuh rupa.

“Karena banyak anak kecil, maka sumur ditutup dan diberi pembatas. Airnya pun juga masih ada,” beber pria berusia 50 tahun ini.(pit/zuk)

Balas

Please enter your comment!
Please enter your name here