Wisata Kungkuk @ist
ads

MALANGTODAY.NET – Kota Batu sebagai kota wisata tak hanya menyediakan destinasi wisata hiburan. Namun juga tetap menghadirkan karakter lokal khas desa sebagai penunjang kejayaan sebuah kota wisata batu. Hal ini senada dengan semboyan yang dimiliki Wali Kota Batu 2018 Dewanti Rumpoko-Punjul Santoso yakni ‘Desa Berdaya Kota Berjaya’.

Nah, Zen Today sudah tahu belum desa-desa di Kota Batu yang juga memiliki potensi tinggi pariwisata dan juga layak masuk list agenda wisata kalian di akhir pekan. Berikut, sederet desa/kampung wisata di Kota Batu yang layak dikunjungi kamu-kamu sekalian yang berhasil dihimpun MalangTODAY;

1. Kampung Wisata Temas (Kampung Ekologi Batu Into Green)

kampung wisata temas @ist

Salah satu kampung yang berlokasi di RW 6 Kelurahan Temas Kota Batu ini bisa dijadikan alternatif wisata anda sekeluarga. Kampung yang asri dan sejuk ini juga punya spot-spot instagrammable di tiap gang-gangnya.

Tak hanya berswafoto dan wisata, konten edukasi dari kampung Ekologi Batu Into Green ini juga akan anda dapatkan sekeluarga. Berbagai program lingkungan secara rutin seperti bank sampah, proses daur ulang, membuat kerajinan dari sampah hingga kelas memasak dari bahan-bahan pertanian organik khas pertanian Temas.

2. Desa Wisata Tulung Rejo

suasana wisata di Sidomulyo Bumiaji @azmy

Desa Tulungrejo yang berlokasi di kawasan Kecamatan Bumiaji Kota Batu ini juga sangat cocok menjadi objek wisata pilihan anda sekeluarga. Selain udaranya yang segar dan sejuk, disini anda bisa berpuas diri memandang lanskap pemandangan Kota Batu dari ketinggian.

Selain itu, di kawasan inilah yang menyimpan sejuta potensi agrowisata di Kota Batu. Mulai dari wisata agro, wisata peternakan, wisata alam, wisata seni dan budaya hingga wisata industri rumahan.

Disini anda bisa menikmati wisata petik apel sepuasnya. Wisatawan bisa menikmati kesegaran buah apel jenis rome beauty, anna, manalagi, dan grany smith langsung dari pohonnya, dengan hanya membayar 20.000 hingga 40.000 rupiah per orangnya.

Tidak hanya apel, anda juga bisa berkunjung ke kebun-kebun bunga Inggu Laut, bunga kkrisan dan lain-lain dengan hanya membayar sekitar Rp.15-35 ribu perorangnya.

3. Desa Wisata Kungkuk

Tak jauh dari lokasi Desa Tulungrejo, tepatnya di Dusun Kungkuk Kecamatan Bumiaji Kota Batu juga menyimpan sejuta potensi wisata untuk anda sekeluarga. Lokasinya yang strategis, berada di kawasan pegunungan Arjuno suasananya sangat alami dan eksotik.

Potensi pertanian utama disini yakni wisata petik jeruk dan buah jambu. Anda bisa menikmati segarnya buah jeruk dan jambu yang bisa dipetik langsung dari pohonnya dengan membayar sekitar Rp 65.000.

4. Desa Wisata Kampoeng Goenoeng

Kampung wisata gunung @ist

Terletak di Jalan Melati No. 9 Dusun Kapru, Desa Gunungsari Kecamatan Bumiaji Kota Batu,  di sini pengunjung bisa merasakan nuansa khas pedesaan dengan dikelilingi panorama pegunungan yang asri nan sejuk.

Untuk fasilitas wisata juga disediakan sarana prasarana antara lain seperti camping ground, rafting, tubing, outbound, petik apel, petik sayur, petik mawar. Anda juga bisa mencicipi menu masakan ala desa yang disuguhkan sebagai menu café dan resto ala Kampoeng Goenoeng.

5. Desa Oro-oro Ombo

coban rais @harga tiket masuk

Desa Oro-Oro Ombo yang terletak di kaki Gunung Panderman ini juga memiliki keindahan pemandangan gunung yang sangat cantik.Ada beberapa objek wisata yang menarik di desa ini. Disini juga terletak objek wisata popular Coban Rais. Potensi pertanian khas Desa Oro-Oro Ombo juga adalah wisata petik jeruk juga sayur.