Pantai Balekambang Masih Sisakan Pekerjaan Rumah
Eksotisme Pantai Balekambang yang berada di Kecamatan Bantur Kabupaten Malang @Dhimas/MalangTODAY

MALANGTODAY.NET – Sejumlah persoalan masih menjadi pekerjaan rumah yang harus dibereskan oleh pengelola Pantai Balekambang. Salah satunya terkait sampah.

Direktur Utama PD Jasa Yasa, Ahmad Faiz Wildan menjelaskan bahwa permasalahan sampah memang menjadi hal klasik. Tidak jarang, masih ada oknum wisatawan yang membuang sampah tidak pada tempatnya.

Baca Juga: Nganteb On Stage Tropical Temptation Tutup Serunya MBF Hari Ini

“Kita padahal sudah sediakan 200 tong sampah di Balekambang, itu jumlahnya sudah ditambah dari yang kemarin 170, tapi masih ada oknum pengunjung yang gunakan itu untuk api unggun,” ujar Wildan, belum lama ini.

Wildan menambahkan, pihaknya saat ini tengah melakukan koordinasi dengan pihak Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Malang untuk menyediakan tempat pengolahan sampah. Tempat pengolahan sampah itu nantinya dikonsep seperti bank sampah.

“Kita saat ini sudah koordinasi dengan DLH itu ada bank sampah, jadi nanti itu sampahnya bisa di tabung, nanti per bulan bisa ditukarkan token,” sambungnya.

Baca Juga: Tak Kalah, Ini Kata Surfer Tentang Ombak di Pantai Nganteb

Selain persoalan sampah, akses jalan dan listrik juga menjadi permasalahan yang lain. Khusus untuk listrik, rencananya di Balekambang akan dibangun sumber tenaga listrik mandiri.

“Beberapa akses jalan sebenarnya masih butuh perluasan dan hari ini sudah ada progress, dengan jumlah kunjungan segitu banyak kapasitas yang sekarang itu masih kurang. Di Balekambang juga masih sering pemadaman, rata-rata seminggu dua kali, nanti bagaimana kita akan cari cara untuk membuat tenaga listrik tenaga bayu (angin),” pungkasnya.


Reporter: Dhimas Fikri
Editor: Raka Iskandar

Loading...