Pantai Ngliyep (5)
Keindahan Pantai Ngliyep yang sudah dikenal sejak puluhan tahun silam (Dhimas)

MALANGTODAY.NET – Berbicara keindahan pantai di Kabupaten Malang tidak akan pernah ada habisnya. Salah satu pantai yang sudah di kenal sejak lama adalah Pantai Ngliyep.

Pantai Ngliyep terletak di Desa Kedungsalam, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang, atau berjarak kurang lebih 62 kilometer dari pusat Kota Malang. Disini wisatawan akan dimanjakan dengan panorama indah pasir putih yang terbentang sepanjang garis pantai dan rimbunnya pepohonan di tepi pantai.

Menurut cerita warga yang bermukim di sekitar Pantai Ngliyep, pantai ini konon ditemukan pertama kali oleh seorang perantau yang berasal dari Yogyakarta bernama Mbah Atun pada 1919 silam. Pantai Ngliyep secara resmi dibuka pada tahun 1951.

Pantai Ngliyep (6)

Sebelum Pantai Balekambang dan Pantai Sendangbiru menjadi destinasi favorit pelancong, Pantai Ngliyep juga sudah menjadi destinasi favorit wisatawan lebih dari 30 tahun yang lalu. Pantai ini juga cocok untuk menghabiskan waktu berlibur bersama keluarga, kekasih atau teman-teman.

Berbagai fasilitas penunjang sudah tersedia disini, ada beberapa penginapan yang bisa di sewa wisatawan untuk bermalam. Kios-kios penjajah makanan juga sudah tersedia di pantai ini.

Pantai Ngliyep (3)

“Sengaja datang kesini untuk liburan sama teman-teman mumpung lagi punya waktu luang semua. Tadi berangkat dari rumah pagi, memang sengaja langsung kesini, disini pemandangannya bagus,” kata salah satu wisatawan, Aris Eki kepada MalangTODAY, Minggu (22/10).

Untuk akses jalan menuju ke Pantai Ngliyep sendiri bisa di bilang sudah cukup mudah, meskipun kontur jalan berliku-liku dan naik turun, hal tersebut bisa di maklumi karena letak geografis Malang Selatan yang berada di perbukitan kapur.

Pantai Ngliyep (2)

Wisatawan bisa menggunakn dua moda transportasi jika ingin belibur ke pantai Ngliyep, yaitu kendaraan pribadi atau angkutan umum. Jika menggunakan kendaraan pribadi tidak perlu khawatir tersesat karena sudah banyak petunjuk jalan menuju ke Pantai Ngliyep.

Nah, kalau ingin menggunakan transportasi umum wisatawan bisa pergi menuju Terminal Hamid Rusdi Kota Malang atau Pasar Gadang, disini ada angkutan umum yang dapat mengantar wisatawan ke Pantai Ngliyep. Jalur Gadang-Ngliyep via Donomulyo dan Gadang-Ngliyep via Pagak.

Di kawasan Pantai Ngliyep wisatawan juga dapat mengunjungi Teluk Putri yang memiliki pemandangan tak kalah indah. Selain itu juga ada Gunung Kombang, di gunung tersebut terdapat petilasan yang menjadikan Pantai Ngliyep terdapat bumbu-bumbu mistis bagi wisatawan.

Di bulan tertentu, Pantai Ngliyep akan ramai pengunjung lebih dari biasanya, karena di pantai ini rutin digelar upacara labuhan dengan melarung sesaji ke laut. Tradisi ini sudah terjaga selama turun-temurun sejak dahulu.

Pantai Ngliyep (1)

Wisawatan yang berkunjung ke Pantai Ngliyep ditarik biaya retribusi sebesar 15 ribu rupiah per orang, sementara untuk penginapan disewakan mulai harga 100 ribu rupiah per malam. (Dim/Ind)

Loading...