Koleksi alat musik di Galeri Musik Dunia Jatim Park 3 (Azmy)
Koleksi alat musik di Galeri Musik Dunia Jatim Park 3 (Azmy)

MALANGTODAY.NET – Jika mengaku pencinta musik, maka Anda wajib mengunjungi wahana wisata terbaru di Kota Batu yakni Galeri Musik Dunia (GMD) Jatim Park 3. Di galeri tersebut menghadirkan ribuan koleksi alat musik dari berbagai daerah dan mancanegara.

Ruang GMD yang memiliki luasan 3000 meter ini dipenuhi berbagai macam alat musik mulai alat tiup, petik, pukul hingga gesek baik alat musik tradisional daerah hingga modern.

“Semuanya kami datangkan asli dari berbagai daerah dari lima benua. Alat musik khas benua Eropa saja kami berhasil hadirkan 250 item koleksi alat tiup tabuh, petik dan sebagainya,” ungkap Mulyadi, Asisten Operasional Manager Galeri Musik Dunia kepada MalangTODAY, Minggu (12/11).

Hingga saat ini, terang Cak Mul, GMD sudah memiliki total koleksi sebanyak 700 alat. Ditargetkan nantinya akan mencapai 1000 koleksi alat musik.

Koleksi alat musik di Galeri Musik Dunia Jatim Park 3 (Azmy)

Koleksi alat musik dari musisi pesohor seperti The Beatles, Maria Pratiwi, Eros Candra sukses didatangkan untuk dipajang.

Tidak hanya alat musik, GMD juga menghadirkan koleksi alat pemutar musik lawas seperti gramophone berbagai macam merk lengkap dengan koleksi pita rekam mulai dari vinyl, cakram padat (compact disk) hingga kaset pita.

Sementara di lantai dua, Anda akan mendapati koleksi memorabilia artis dunia, berupa barang-barang koleksi pribadi artis yang dipajang di GMD. Seperti becak kesayangan Alm. Gesang, kostum panggung Yuni Shara hingga diskografi koleksi album para musisi legendaris.

Yang tak kalah menariknya, juga menghadirkan beberapa spot genre musik dunia. Mulai genre musik jazz, rock, blues dan pop. Seperti spot genre blues misalnya, menghadirkan replika tempat legendaris cikal bakal lahirnya musisi-musisi blues, yakni BB Kings Blues Club.

Koleksi alat musik di Galeri Musik Dunia Jatim Park 3 (Azmy)

“Masing-masing spot genre tersebut akan kami lengkapi dengan patung lilin semirip mungkin dengan musisi ikon genre tersebut. Yang sudah ada saat ini replika para personel The Beatles misalnya,” jelas Cak Mul.

Menurut Mul, hadirnya sudut memorabilia di Galeri Musik Dunia ini adalah sebagai bentuk penghargaan dan apresiasi kepada para pelaku musik dan insan seni, terutama karya anak negeri Indonesia.

“Sekaligus jadi tempat edukasi dan mengenal sejarah blantika dunia musik dan para pelakunya masing-masing secara lebih dekat,” tandasnya.

So, bagi Anda para ZensToday yang penasaran gimana isi koleksi di Galeri Musik Dunia, nantikan di tanggal 24 November mendatang. Pasalnya tempat ini akan dilaunching dan mulai dibuka untuk umum. Dengan harga tiket yang dipatok dengan kisaran harga Rp 100-120 ribu.

Berikan tanggapan Anda

Komentar Anda