Kisah Rizky, Abdi Dalem Cilik di Keraton Yogyakarta
Rizky Kuncara Manik, abdi dalem Keraton Yogyakarta (instahu)

MALANGTODAY.NET – Kehadiran seorang abdi dalem cilik di Keraton Yogyakarta menghebohkan masyarakat. Bocah bernama Rizky Kuncara Manik ini menjadi pusat perhatian para turis saat tiba di gerbang keraton.

Bocah laki-laki berusia 10 tahun ini berpakaian beskap lengkap dengan blangkon di kepalanya. Rizky memang sudah populer dikalangan para pelancong yang datang ke keraton.

Meski masih sangat belia, Rizky sudah menjadi abdi dalem di Keraton Yogya karta. Pin lambang keraton yang terselip di beskap luriknya menjadi pertanda bahwa dirinya memang benar-benar bagian dari keluarga kerajaan.

Ketertarikan Rizky menjadi abdi dalem keraton ternyata telah ditunjukkannya bahkan ketika ia masih belum genap berusia 2 tahun. Hal ini tak bisa terlepas dari sosok kakeknya, Suyat yang juga merupakan abdi dalem.

Kakek yang sudah merawatnya sejak kecil memang sering membawa Rizky kanak-kanak ke keraton saat menjalankan tugas. Karena seringnya mengunjungi Keraton, Rizky mulai tertarik dengan pekerjaan sang kakek.

Rizky dan Suyat bekerja di bagian pewayangan. Mereka bertugas menata dan mempersiapkan wayang-wayang ketika pementasan hendak berlangsung.

Rizky sendiri tercatat sebagai abdi dalem termuda sepanjang sejarah Keraton Yogyakarta. Namun, ia belum terdaftar secara resmi. Ia juga belum mendapat gaji dan hak seperti yang diperoleh kakeknya.

Sang kakek merasa teramat bangga dengan kesediaannya menjadi seorang abdi dalem. Ia juga merasa bahwa Rizky anak yang sangat istimewa dan berbeda dengan anak-anak seusianya.

“Ada kepuasan, kebanggaan, dan keikhlasan yang sepertinya mendorong,” ucap Suyat, dikutip dari Tempo.co, pada Rabu (23/1/2019). (KIS)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.