Pemandangan Yang Tenang Dari Pantai Kuta, Bagian Dari Kawasan Wisata Mandalika, Di Lombok, Nusa Tenggara Barat@shutterstock
Pemandangan yang tenang dari Pantai Kuta, bagian dari kawasan wisata Mandalika, di Lombok, Nusa Tenggara Barat. (Shutterstock / File)

MALANGTODAY.NET – Tau dong sama vlog nya bapak Jokowi tentang Indahnya Mandalika? Yap, sejak video itu di upload, banyak masyarakat yang penasaran sama tempat yang dijuluki ‘Bali’ baru ini.

Kawasan Mandalika yang letaknya ada di Nusa Tenggara Barat ini bakal dijadiin tempat wisata terpadu di Lombok. Sip banget lah, buat nambah daftar wisata kamu pas liburan nanti!

Sebelum kamu kesana, mending simak dulu fakta-fakta penting tentang Mandalika!

  1. Destinasi Kelas Dunia

Memiliki luas 1.175 hektar, Mandalika siap dijadiin tujuan wisata yang ramah lingkungan. Karena bakalan banyak tenaga surya, reverse osmosi dan 51 persen ruangb terbuka hijau.

Fasilitas yang tersedia pun juga memadai kok. Ada lebih dari 10 ribu kamar, 1.500 hunian, dan 340 ribu meter persegi area komersil. Buat hiburannya bakal ada taman rekreasi, eco park, water park, marina, lapangan golf, sirkuit, fasilitas MICE (Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition) untuk 5.000 sampai 7.000 orang, dan hutan mangrove.

  1. Berbagai Macam Hotel Top

Nggak usah khawatir untuk kualitas hotel yang ada di Mandalika. Karena akan ada banyak macam hotel top yang tersedia disana. Mulai dari Novotel Resort sampai SKY 6 Resort yang masih dalam tahap pembangunan.

  1. Masjid Agung Nurul Bilad

Tempat ibadah menjadi hal wajib untuk dibangun di sebuah kawasan wisata. Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) membangun Masjid Agung Nurul Bilad diatas lahan seluas 20 hektar. Menariknya, masjid ini bakalan punya akses langusng ke Pantai Kuta, Lombok! Keren nggak tuh?

Masjid yang baru diresmikan oleh Jokowi pada 20 Oktober 2017 kemarin punya plaza, area parkir, gedung multi guna, area komersil dan juga UKM.

  1. Lapangan Golf dan Sirkuit Balap

Pada bagian tengah Mandalika, rencananya bakal di bangun lapangan golf 18 hole dan hotel berbintang 5 dengan luas 14,5 hektar. Total investasinya adalah USD 700 juta atau sekitar Rp. 9,4 trilliun.

Ada juga kawasan hiburan dan olahraga seluas 120 hektar dengan investasi USD 680 juta atau sekitar Rp. 9,1 trilliun. Kawasan itu termasuk sirkuit balap sepanjang 4,32 km dengan standar MotoGP.

  1. Tujuh Destinasi Wisata Utama

Bukan cuma nawarin pantai, sirkuit, lapangan golf dan fasilitas yang ada, tapi Mandalika juga nawarin tujuh wisata utama yang bisa kamu kunjungi. Destinasi itu adalah Pantai Kuta, Pantai Seger, Pantai Serenting, Bukit Merese, Pantai Tanjung Aan, Batu Payung dan Pantai Gerupuk. Tinggal pilih deh, mau ke pantai yang mana!

Udah tau kan serba-serbi Mandalika? Pastiin kamu ajak temen-temen satu geng kamu buat rame-rame travelling kesana. Semakin rame, semakin seru! Jangan lupa bawa kamera kamu ya! (Ans)

Loading...