ranu kumbolo @instagram/adyfauzan26
Editor : aan imam marzuki

Reporter : m. ulul azmy

MALANGTODAY.NET – Kabar gembira bagi para pendaki gunung Semeru se-nusantara. Pasalnya, di surga kecil Ranu Kumbolo telah disediakan fasilitas toilet terbaru. Asyiknya, toilet ini tidak lagi berupa toilet kering gaes, tapi toilet basah.

Tentu, penambahan fasilitas oleh pengelola Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) sangat bermanfaat banget bagi ekosistem agar tidak ada lagi ‘ranjau darat bertebaran di surga kecil Kumbolo.

Kabar ada wajah baru toilet basah di Ranu Kumbolo yang sedang dalam pembangunan ini didapatkan dari salah satu akun call centre resort pendakian di Ranu Pane bernama @langit_mahameru3676.

“Kalo dulu toiletnya adalah toilet kering dan baunya ke mana-mana. Nah di musim pendakian mendatang sudah disediakan toilet basah. Dan rencananya ada yang jaga juga, jadi terjaga kebersihannya,” demikian bunyi caption yang ditulis @langit_mahameru3676 baru-baru ini.

Tak hanya di Ranu Kumbolo, fasilitas toilet basah juga akan dibangun di pos 2 Semeru dan Kalimati. “Nggak hanya di Ranu Kumbolo aja sih, di pos 2 dan di Kalimati toiletnya juga baru dan pembangunan udah 90 persen,” jelasnya.

Ia menambahkan, meski sejumlah fasilitas penunjang pendakian terus diupayakan, ia tetap menghimbau kepada pendaki untuk tetap menjaga kebersihan.

“Untuk yang baru memang toilet basah tapi tolong jaga kebersihannya. Jangan mentang-mentang ada yang jaga malah nyampah seenaknya, kan kasian yang jaga,” tegasnya.

Namun, untuk anda yang penasaran pengen liat gimana sih wajah baru toilet Kumbolo tampaknya harus bersabar dahulu. Pasalnya, Gunung Semeru sedang ditutup untuk peremajaan ekosistem.

“Btw Semeru kan lagi ditutup, jadi bagi yang pengen ngerasain toiletnya di sana sabar dulu ya sampai beberapa bulan ke depan,” tutup akun Instagram @langit_mahameru3676 dalam caption fotonya.