Museum angkut@YouTube-Jawa Timur Park

MALANGTODAY.NET – Sebagai wilayah terbesar kedua di Jawa Timur, Malang memiliki banyak potensi yang bisa dikembangkan. Termasuk pariwisata, Malang menawarkan aneka ragam jenis wisata.

Mulai dari wisata alam, wahana permainan, hingga wisata sejarah. Berikut ini ada lima museum yang wajib kamu kunjungi ketika akan berwisata sejarah di Malang.

1. Museum Malang Tempo Doeloe

Museum Malang Tempo Doeloe @liburananak(dot)com
Museum Malang Tempo Doeloe @liburananak(dot)com

Berwisata sejarah, tak lengkap rasanya jika tak berkunjung ke Museum Malang Tempo Doeloe. Sesuai namanya, museum ini menyajikan sejarah Malang secara lengkap. Mulai dari zaman prasejarah kemudian era perjuangan hingga era modern seperti saat ini.

Museum ini berlokasi di Tumpang, Kabupaten Malang. Sebab aksesnya sulit jika menggunakan kendaraan umum, maka memilih rental mobil di Malang Traveloka adalah pilihan paling tepat.

2. Museum Singhasari

Museum Singhasari@Rizqa Ramadjina

Dulu, Malang termasuk dalam wilayah kekuasaan kerajaan Singhasari. Kini, kerajaan tersebut telah runtuh. Meski demikian, sisa-sisa peradaban pada masa Kerajaan Singhasari masih ada.

Sisa-sisa peradaban tersebut telah dikumpulkan dalam satu museum yakni Museum Singhasari. Museum ini terletak di Desa Krajan, Klampok, Singosari, Kabupaten Malang. Beberapa benda yang tersimpan di sini yaitu barang purbakala masa kejayaan Singhasari, koleksi topeng, dan beberapa replika benda sejarah lainnya.

3. Museum Brawijaya

Museum Brawijaya @jejakpiknik(dot)com
Museum Brawijaya @jejakpiknik(dot)com

Destinasi wisata sejarah selanjutnya yakni Museum Brawijaya. Museum ini berada di pusat Kota Malang. Tempatnya sangat strategis yakni di Jalan Idjen, Kota Malang yang termasuk jalan poros utama di Kota Pendidikan ini.

Disini, banyak ditampilkan benda-benda yang dihgunakan oleh para pejuang selama berperang melawan penjajah. Benda-benda di sini tidak semuanya replika, ada juga benda asli yang tersimpan disini. Kemudian di bagian dalam museum juga terdapat diorama pertempuran. Sedangkan di bagian lur tepat di depan museum terdapat tank tempur.

4. Museum Musik Indonesia

Museum Musik Indonesia @MalangTODAYnet
Museum Musik Indonesia @MalangTODAYnet

Masih di dalam Kota Malang, selain Museum Brawijaya juga ada Museum Musik Indonesia. Alamat tepatnya berada di Jalan Nusa Kambangan No 19, Kota Malang. Di sini, kamu bisa mengenal musik lebih dalam. Sebab, museum ini menyajikan beragam koleksi musik yang pernah ada di Indonesia. Salah satu koleksinya yaitu koleksi  aneka vinyl.

5. Museum Angkut

Museum Angkut @casaindonesia(dot)com
Museum Angkut @casaindonesia(dot)com

Sedikit bergeser ke Kota Batu, ada Museum Angkut. Betul, museum ini memiliki tema tentang angkutan alias alat trasnportasi. Seperti yang diketahui, Indonesia telah mengalami beberapa kali tranformasi alat transportasi seiring majunya zaman.

Kini, alat-alat transportasi yang sudah jarang bahkan tidak bisa ditemui lagi hadir di sini. Beberapa alat transportasi  yang dipamerkan di sini yaitu becak, sepeda motor, sepeda kayuh, dan ada pesawat kepresidenan RI juga loh!

Gimana, museum-museum yang ada di Malang nggak membosankan kan? Yap, tentu nggak akan membosankan karena Malang menyajikan beragam tema museum yang asyik!

Supaya liburanmu mengunjungi satu museum ke museum lainnya lebih mudah. Kamu bisa gunakan jasa rental mobil di Malang lewat Traveloka. Tenang, dengan menggunakan aplikasi Traveloka, mencari rental mobil di Malang jadi semudah memesan tiket kereta atau hotel.

Tinggal klik dan pilih sesuai jenis mobil yang diinginkan dan budget, Traveloka akan menyediakan mobil sekaligus driver dari perusahaan terpercaya. Harganya pun murah, bisa dicek secara langsung di aplikasi dengan harga yang jujur. Yuk, ke Malang sekarang! (AL)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.