Pantai Ngliyep IG@yoiki_malang
Pantai Ngliyep IG@yoiki_malang

MALANGTODAY.NET – Tempat wisata ternyata tidak selalu terkenal dengan pesona keindahan. Beberapa dari tempat-tempat itu justru terkenal karena mitos-mitos yang dimiliki. Termasuk tempat wisata di Malang loh Zens.

Saking santernya mitos tersebut, beberapa orang sudah menyatakan kesaksisannya! Serem juga ya. Dimana aja sih tempat wisata di Malang yang kental akan mitos itu? Yuk simak ulasan berikut ini yang dilansir dari berbagai sumber.

1. Gunung Arjuno

Gerbang Tol Lawang dengan latar belakang Gunung Arjuna IG@amin_hatori
Gerbang Tol Lawang dengan latar belakang Gunung Arjuna IG@amin_hatori

Objek  wisata pertama yang kental dengan mito adalah Gunung Arjuno. Gunung tertinggi keempat di Pulau Jawa ini memiliki jalur pendakian bernama Alas Lali Jiwo atau hutan lupa diri. Saat melewati kawasan ini, sangat berbahaya jika pendaki melakukan pantangan-pantangan. Beberapa diantara pantangan yang ada yakni tidak boleh mengeluh, memaki, dan kehilangan fokus.

2. Gunung Kawi

Pohon Dewandaru Gunung Kawi, Kejatuhan Daunnya Dipercaya Bisa Kaya
Pohon Dewandaru di Areal Pesarean Gunung Kawi (Dhimas)

Objek kedua yakni Gunung Kawi. Gunung ini terkenal dengan mitos gunung pesugihan. Orang-orang yang datang kesini sering diidentikkan dengan meminta pesugihan. Beberapa dari mereka biasanya sudah mengetahui spot-spot mana saja yang diyakini membawa keberuntungan seperti di Pohon Dewandaru.

3. Pantai Ngliyep

Malam Tahun Baru, Ada Surprise di Balekambang dan Ngliyep
Pantai Ngliyep @Dhimas/MalangTODAY.net

Pesona pantai selatan di Malang memang tiada duanya. Namun, ketika mendengar kata pantai selatan, yang terlintas pertama di pikiran mungkin adalah Nyi Roro Kidul. Sebagai ratu penguasa laut kidul (selatan), warga percaya Nyi Roro Kidul pernah melakukan pertapaan di bukit pantai wisata unggulan ini. Bukit Gunung Komang namanya.

4. Pantai Balekambang

TOP Mampir ke Bromo dan Balekambang, Ini Gaya Liburan Ala Mas Pur
Furry ‘Mas Pur’ Setya bersama bintang TOP lainnya saat berada di Pantai Balekambang@PD Jasa Yasa/MalangTODAY.net

Masih dengan kawasan pantai. Pantai selanjutnya yang kental akan mitos yakni pantai Balekambang. Masyarakat sekitar percaya, jika sepasang kekasih pergi ke kawasan ini maka hubungannya akan kandas. Mitos selanjutnya yakni air pantai ini bisa membuat awet muda.

5. Coban Rondo

5 Tempat Wisata Ini Bikin Kamu Putus Cinta! Nomor 3 Ada di Malang!
Coban Rondo (Istimewa)

Objek wisata yang kelima yakni Coban Rondo. Mitos yang beredar di sini erat kaitannya dengan kisah legenda Dewi Anjarwati dan Raden Baron Kusumo. Pasutri ini harus mengakhiri hubungan dengankematian tragis Raden Baron Kusumo. Kisah itu kemudian berkembang menjadi mitos barang siapa yang merupakan pasangan kekasih pergi ke Coban Rondo maka hubungannya akan kandas.

Itulah lima tempat wisata yang identik dengan mitos. Meski demikian, objek-objek wisata tersebut tetap memikat untuk selalu dikunjungi. Jadi, kamu masuk tim yang percaya mitos atau tidak nih Zens?

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.