Gereja Kayutangan @rendylaksditalia
Gereja Kayutangan @rendylaksditalia

MALANGTODAY.NET – Keindahan desain bangunan sulit lepas dari perhatian masyarakat untuk sekadar memandangnya. Banyak dari mereka yang kemudian berhenti dan mengabadikan momen di bangunan-bangunan unik ini.

Sebagai salah satu tempat yang pernah disinggahi Belanda, Kota Malang juga menyimpan banyak bangunan bergaya Eropa. Sampai saat ini, bangunan-bangunan peninggalan Belanda di Kota Malang masih terus terjaga loh.

Berikut adalah tiga tempat yang menyajikan arsitektur khas Eropa nan menawan.

1. Gereja Kayutangan

Gereja Kayutangan @bamshari
Gereja Kayutangan @bamshari

Dilihat dari kejauhan, arsitektur Gotik dari bangunan gereja ini sudah nampak. Dengan warna krem yang mendominasi dinding gereja membuat gereja ini kian nampak elegan.

Dikutip dari Detik.com (22/12/2012), gaya arsitektur gereja ini lebih mengarah ke neo gothic. Kemudian, struktur bangunan yang tinggi menandakan bahwa bangunan ini dibangun pertengahan abad 19.

2. Gereja Immanuel

Gereja Immanuel @sunardirustandi
Gereja Immanuel @sunardirustandi

Mungkin sedikit asing mendengar nama Gereja Immanuel. Namun, jika disebutkan letaknya maka pasti sudah tidak asing lagi di telinga. Gereja ini berlokasi di dekat Masjid Jami Alun-alun Kota Malang. Sudah ingat kan?

Dulunya, gereja ini menjadi tempat ibadah kaum Belanda dan Eropa yang beragama Kristen. Berdasarkan informasi, bangunan gedung ini tidak berubah alias sama seperti aslinya ketika dibangun.

3. SMAK Cor Jesu 

Salah satu sisi bangunan SMAK Cor Jesu @ykrisostomus
Salah satu sisi bangunan SMAK Cor Jesu @ykrisostomus

Bangunan selanjutnya adalah SMAK Cor Jesu. Dari jalan raya saja, sudah nampak eksterior bangunan khas Eropa. Ditambah lagi warna dinding bangunan yang didominasi dengan warna batu bata, semakin ciamik.

Sebelumnya, bangunan Cor Jesu pernah terbakar saat Angresi Militer Belanda I pada 22 Juli 1947. Meski demikian, Cor Jesu mampu bangkit kembali dan menyajikan ragam arsitektur yang berbeda di Kota Pendidikan ini. (AL)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.