Sukses Bisnis Onde-onde, Hartiti Pudji Lestari Tak Canggung Beberkan Resep Rahasia
Hartiti Pudji Lestari pemilik kedai Onde-onde Istimewa Asli Lawang @Dhimas/MalangTODAY

MALANGTODAY.NET – Merintis usaha kuliner sejak nol tak membuat Hartiti Pudji Lestari ciut nyali. Wanita asal Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang itu kini sukses mengembangkan bisnis kuliner miliknya.

Hartiti menggeluti bisnis kuliner berupa jajanan tradisional khas Kabupaten Malang, onde-onde. Saat ini, Hartiti sudah memiliki kedai Onde-onde Istimewa Asli Lawang.

Tak hanya terfokus mengembangkan bisnisnya, Hartiti juga ingin masyarakat di sekitar tempat tinggalnya, Lawang, bisa merasakan dampak atas buah kesuksesan Hartiti. Pihaknya pun rutin mengajak masyarakat untuk ikut pelatihan.

“Saya membuat pelatihan, membuat onde-onde ini, gratis. Harapan nantinya, masyarakat yang ikut dalam pelatihan bisa memulai untuk berjualan onde-onde dari hasil pelatihan yang mereka ikuti,” ujar Hartiti, Senin (7/1/2019).

Bukan memberi pelatihan ala kadarnya, Hartiti bahkan rela membeberkan resep rahasia pembuatan onde-onde miliknya. Bagi Hartiti, totalitas merupakan segalanya.

“Saya memberikan pelatihan sesuai resep yang saya jual, itu dasarnya. Lembut dan tahan hingga tiga hari jika menggunakan resep saya. Jika masyarakat ingin menambahkan sesuatu pada resep yang saya berikan misalnya kentang atau varian lain, itu tidak masalah. Yang penting kalau menggunakan resep saya, rasanya bisa saya jamin sama dengan yang saya jual,” terangnya.

Selain itu, Hartiti juga menyalurkan modal usaha bagi masyarakat yang telah mengikuti pelatihan. Bantuan modal usaha itu berupa rombong untuk jualan.

“Ya tujuannya tetap, agar masyarakat bisa berpenghasilan dan dapat lepas dari belenggu kemiskinan,” tandas wanita yang kini berusia 58 tahun tersebut.


Reporter: Dhimas Fikri
Editor: Hafidh

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.