Keripik Tempe @Traveloka
Keripik Tempe @Traveloka

MALANGTODAY.NET – Camilan berupa keripik biasanya membuat para penikmatnya kecanduan. Guna semakin menambah varian, beragam komposisi akhirnya dipilih untuk menjadi keripik. Termasuk keripik tempe.

Keripik tempe merupakan irisan tipis dari tempe yang langsung digoreng ataupun dilumuri tepung terlebih dahulu. Varian rasa juga ditambahkan untuk menambah selera.

Di Jawa Timur, ada dua kota yang terkenal akan oleh-oleh keripik tempenya. Dua kota tersebut yakni Malang dan Ngawi. Keduanya sama-sama menjagokan keripik tempe sebagai oleh-oleh andalannya.

Inovasi keripik tempe dari keduanya pun sebanding. Mulai dari pengemasan hingga rasa yang ditawarkan sama-sama juara. Keduanya juga memiliki daerah pusat produksi. Kota Malang bangga dengan Kampung Sanan. Begitu pula Ngawi juga bangga dengan Dusun Sadang.

Beberapa orang kemudian mengklaim cita rasa dari kedua tempe tersebut berbeda. Rasa kedelai masing-masing memiliki rasa khas tempe yang berbeda.

Dilansir dari Ngalam.co, seorang peneliti tempe asal Inggris, Dr Jonathan Agranoff, MD, MSc menyebut tempe dari Malang memiliki tingkat kualitas dan rasa yang paling bagus. “Dari semua tempe yang pernah saya teliti, tempe asal Malang memiliki kulitas dan rasa yang paling bagus,” ujarnya.

Jika dicermati, tempe asal Malang memiliki tekstur yang padat. Tekstur ini memiliki keuntungan tersendiri jika dibuat keripik. Dimana tempe harus diiris setipis mungkin agar menghasilkan cita rasa yang kriuk setelah digoreng. (AL)

 

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.