Sajian minuman kelapa muda @fimela
Sajian minuman kelapa muda @fimela

MALANGTODAY.NET – Jelang berakhirnya Ramadan pasti ingin berbuka puasa dengan sesuatu yang berbeda, tapi tetap menyegarkan. Es kelapa muda atau es degan bisa menjadi pilihan yang tepat.

Es degan memang tidak asing buat semua orang. Minuman yang mudah dicari ini menyuguhkan kesegaran yang tiada tara. Apalagi diminum saat siang hari atau dalam keadaan haus. Segelas es degan bisa mengusir dahaga seketika juga.

Minum es degan ternyata memiliki banyak manfaat, loh, ZensTODAY. Di antara manfaat tersebut adalah dapat menghidrasi tubuh. Kandungan elektrolit yang tinggi mampu menggantikan cairan tubuh yang hilang karena dehidrasi, baik puasa maupun olahraga. Sebab itu, usai olahraga sangat dianjurkan untuk minum es degan ini.

Manfaat lain yang tak kalah penting dari air kepala muda atau es degan adalah sangat baik untuk kulit, pencernaan, menetralkan racun, menurunkan kolesterol, menyehatkan jantung, membuat awet muda, hingga vitalitas pria.

Olahan Es Degan

Segudang manfaat inilah yang membuat air kelapa muda dijadikan sebagai obat. Kalau Zens sering mendapati orang keracunan, bisa memanfaatkan air kelapa ini sebagai obat. Atau pernah dengar air degan untuk mengobati kesuburan pria?

Selain kaya manfaat, es degan juga bisa dikreasikan dengan sejumlah bahan lain. Tentunya, hal ini untuk menambah cita rasa, kesegaran, dan variasi olahan. Maksudnya, agar olahan es degan tidak monoton berupa air kelapa muda, serutan dagingnya, dan es batu.

Untuk itu, bagi Zens yang bosen dengan olahan es degan itu-itu saja, berikut rekomendasi olahan es degan dengan beragam bahan lain. Dijamin pasti mantul, menyegarkan, dan bikin nagih!

Segarnya es degan dicampur alpukat dan nangka @idntimes
Segarnya es degan dicampur alpukat dan nangka @idntimes

Pertama, Zens bisa menambah segelas es degan dengan cairan gula merah dan cincau. Paduan ini tentu sangat nikmat diminum saat buka puasa. Lembutnya daging kelapa muda, cincau, dan segarnya air kelapa muda dingin, membuat buka puasamu puas dan melegakan.

Kedua, dicampur dengan alpukat dan nangka. Perpaduan ini juga menyajikan cita rasa yang nikmat dan kuat. Wangi kelapa muda, nangka, dan alpukat, mampu memikat hasrat minum tak bisa berhenti.

Ketiga, tambahkan agar-agar atau sejenis nutrijell yang kenyal dan berwarna. Tentu ini akan memikat sekali. Sajikan es degan apa adanya, lalu ditambah potongan agar-agar atau nutrijell, dijamin nafsu minummu kian membuncah.

Baiklah, itu sejumlah manfaat dan olahan es degan. Seger ya buka kali ini minum es degan? (Bas)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.