Rindu Alam
Rindu Alam

MALANGTODAY.NET – Buat kamu yang udah pernah pergi ke daerah Puncak, Bogor, restoran yang satu ini pasti nggak asing lagi di telinga kamu. Restoran Rindu Alam yang terletak di Jalan Raya Puncak, km. 89 Cisarua, Bogor, menjadi salah satu restoran legendaris dengan sajian khas Indonesia.

Ini nih, beberapa hal yang bisa kamu kenang tentang restoran Rindu Alam!

1.     Sejarah Rindu Alam

Rindu Alam Tempo Dulu (source Kompas.com)
Rindu Alam Tempo Dulu (source Kompas.com)

Jauh sebelum restoran Rindu Alam berdiri, kawasan ini sudah dikenal dengan nama Rindu Alam dari zaman penjajahan Belanda. Kawasan ini dulunya hanya tempat persinggahan biasa, sampai akhirnya dibangun restoran Rindu Alam oleh Ibrahim Adjie, mantan Panglima Kodam Siliwangi dan DS Mangkuto, pemilik restoran minang di Cipanas pada tahun 1980.

2.     Lokasi yang strategis

Resto Rindu Alam (source Bogordaily.net)
Resto Rindu Alam (source Bogordaily.net)

Lokasi restoran Rindu Alam yang sejatinya sebagai tempat persinggahan, sangatlah strategis. Karena di kawasan inilah sering terjadi penumpukan kendaraan akibat macet. Tak sedikit orang yang memutuskan untuk singgah dan makan di restoran yang berdiri di ketinggian 1.443 meter di atas permukaan laut tersebut.

3.     Beragam sajian khas Indonesia

Menu Rindu Alam 1 (source Tripadvisor.com)
Menu Rindu Alam (source Tripadvisor.com)

Restoran yang menawarkan panorama puncak pass ini, menyediakan beragam masakan Indonesia. Awalnya hanya menyediakan sate dan sup, tapi sekarang menunya sudah bervariasi. Ada sate kambing, sate padang, sup buntut, sup padang, pepes ayam kampung, sup gurame, dan ikan mas kecil cabe ijo. Harganya mulai dari Rp 20.000 hingga Rp 125.000.

4.     Restoran favorit Presiden

Suasana Rindu Alam (source Kompas.com)
Suasana Rindu Alam (source Kompas.com)

Nggak cuma kamu aja yang suka atau pernah makan di restoran Rindu Alam. Beberapa mantan orang nomor satu di Indonesia pun juga pernah makan di restoran ini, diantaranya BJ Habibie, Dr. K. H. Abdurrahman Wahid atau Gus Dur, Megawati Soekarnoputri, Susilo Bambang Yudhoyono dan Wakil Presiden Republik Indonesia saat ini, Jusuf Kalla.

5.     Isu pembongkaran restoran Rindu Alam

Pemandangan Rindu Alam (source Travel.detik.com)
Pemandangan Rindu Alam (source Travel.detik.com)

Meskipun sudah berdiri selama 37 tahun, restoran Rindu Alam kabarnya akan dibongkar oleh Pemprov Jawa Barat. Gubernur Jawa Barat, Deddy Mizwar mengatakan, bahwa nantinya kawasan bekas restoran Rindu Alam akan dijadikan ruang terbuka hijau sekaligus sebagai pelebaran jalan di kawasan tersebut.

“Biar untuk ruang publik saja, untuk menikmati pemandangan segala macam, enggak boleh ada bangunan. Kita harus konsisten. Kalau tata ruangnya enggak boleh, sekalipun punya kita, punya pemprov, ya harus dibongkar,” kata pemeran Naga Bonar tersebut.

Sejatinya, kawasan Rindu Alam adalah aset pemerintah. Namun karena permohonan sewa dari Ibrahim Adjie dan DS Mangkuto, akhirnya restoran Rindu Alam berstatus sistem pinjam-pakai BOT (bulit-operate-transfer). Hingga saat ini, sang pemilik hanya diberi rentang waktu untuk berpindah, karena kontrak sewanya pun sudah berakhir di tahun 2015 kemarin.

Restoran Rindu Alam memang nggak ada matinya. Selama 37 tahun, sudah banyak sekali wisatawan yang menikmati pemandangan puncak pass sekaligus menyantap hidangan bersama keluarga.

Kira-kira, kenangan apa yang kamu punya di restoran Rindu Alam? (Ans)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.