Ditusuk-tusuk Nikmat, Ini Ragam Sate di Bumi Indonesia!
Ilustrasi Makan Sate @Ben & Birdy

MALANGTODAY.NET – Siapa yang tak kenal sate? Santapan khas Nusantara berupa daging yang ditusuk ini sangat diminati orang-orang Indonesia. Rasa daging yang gurih ditambah aroma terbakar yang mmebangkitkan selera, sate adalah salah satu makanan kesukaan bangsa Indonesia.

Berasal dari Indonesia, sate sendiri juga terdiri dari berbagai ragam. Umumnya dibedakan berdasarkan asla daerah dan cara penyajian. Seperti apa macam-macam sate di tanah air beta ini? Dihimpun dari Indozone, berikut info selengkapnya!

Baca Juga: Bolu Bakar Pertama di Malang Ajak Masyarakat Bisnis Bareng

Sate Madura
Sate Madura
Sate Madura @Pergi Kuliner

Sate ini terkenal di seluruh Indonesia. Pasalnya, penjual sate kerap identik dengan orang Madura. Disajikan dengan menggunakan bumbu kacang atau kecap manis, sate ini adalah juara di lidah penikmatnya.

Sate Padang
Sate Padang
Sate Padang @IDN Times

Kalau sate ini menjadi andalan karena pedas dan gurihnya. Dengan bahan dasar daging dan olahan ayam serta kuah olahan kaldu ayam, Sate Padang enak disantap dnegan keripik balado dan kerupuk kulit.

Baca Juga: 5 Makanan Ini Tunjukkan Bahwa Kamu Indonesia Banget!

Sate Ponorogo
Sate Ponorogo
Sate Ponorogo @ResepKoki

Sate yang berasal dari daerah Ponorogo, Jawa Timur, ini memiliki cita rasa yang tak ada duanya. Pasalnya, sebelum dibakar, sate ini ‘dibacem’ lebih dulu agar makin terasa. Satu keunikan lagi adalah satu tusuk sate hanya menggunakan satu irisan daging yang diiris memanjang.

Sate Klathak
Sate Klathak
Sate Klathak @GudegNet

Kuliner khas Jogja satu ini sangat unik. Hal ini karena yang digunakan untuk menusuk daging bukan lidi atau kayu seperti umumnya, tapi meggunakan jeruji sepeda. Gokil!

Sate Tegal
Sate Tegal
Sate Tegal @Good Indonesian Food

Pembeda sate Tegal dengan sate lainnya adalah karena menggunakan daging kambing muda yang berumur di bawah 5 tahun. Penyajiannya cukup dengan kecap manis dan disantap dengan nasi.

Baca Juga: Dikunjungi Jokowi, Intip Kedai Sate Legendaris di Bandung Ini Yuk!

Sate Ambal
Sate Ambal
Sate Ambal @TravelingYuk

Sate yang satu ini berasal dari daerah Ambal, Jawa Tengah. Keunikan sate ini karena menggunakan bahan dasar ayam kampung. Tak cukup sampai situ, bumbunya bukan pakai bumbu kacang, melainkan sasus tempe tumbuk.

Baca Juga  Ini Kuliner Nikmat Asli Indonesia Dengan Nama 'Jorok', Bikin Mikir Dua Kali!

Penulis: Raka Iskandar
Editor: Raka Iskandar

Loading...