Empal (@Dapur KOBE)
Empal (@Dapur KOBE)

MALANGTODAY.NET – Pernah dengar ada Soto Lamongan, Soto Madura, Soto Kudus, dan Soto Betawi? Pasti heran kan kenapa namanya beda-beda tapi intinya sama saja, soto. Trus bedanya apa? Nah, hal ini ternyata juga berlaku sama dengan jenis makanan-makanan lain.

Salah satu yang mungkin akrab dijumpai yakni makanan Jawa Barat dan Jawa Timur. Ada beberapa makanan dari dua daerah ini yang secara umum sama tapi ternyata berbeda. Perbadaan tersebut bisa dari cita rasa, komposisi, bahkan tampilan. Apa saja makanan-makanan yang mirip itu? Yuk kita simak satu-satu.

1. Karedok Vs Pecel

Karedok (Kompas)
Karedok (Kompas)

Pada intinya, kedua makanan ini sama-sama menyehatkan. Sebab, sama-sama mengandung sayur. Bedanya, karedok adalah makanan dari Jawa Barat yang menghidangkan sayuran mentah seperti kacang panjang, tauge, dan mentimun. Kemudian, di atasnya disirami dengan bumbu kacang dan kerupuk.

Pecel (Tribunnews)
Pecel (Tribunnews)

Sedangkan pecel dari Jawa Timur. Cara menghidangkannya yaitu dengan merebus sayurnya terlebih dahulu. Bumbunya juga masih sama yakni bumbu kacang dengan tambahan daun jeruk. Pecel akan lebih nikmat jika disantap dengan rempeyek kacang dan lauk tambahan seperti telur atau tempe gembus.

2. Sotomie Bogor vs Soto Lamongan

Sotomie Bogor (Masak Apa Hari Ini)
Sotomie Bogor (Masak Apa Hari Ini)

Pasti akrab dengan mie instan kuah rasa soto bukan? Ya, kurang lebih gambarannya sama dengan Soto Mie Bogor. Bahan baku utamanya disini adalah mie. Sebagai pelengkap, bisanya disajikan pula urat, kaki sapi, dan babat.

Soto Lamongan (Picswe)
Soto Lamongan (Picswe)

Sedangkan untuk soto lamongan, ciri khasnya adalah adanya bumbu koya. Koya adalah bubuk gurih dari udang dan bawang. Bumbu inilah yang menambah cita rasa soto semakin tak terlupakan Zens.

Oh iya, untuk membedakan darimana asal makanan ini cukup mudah. Sebab, sudah bisa diketahui dari namanya. Sotomie Bogor pasti dari Bogor dan Soto Lamongan pasti dari Lamongan, Jawa Timur.

3. Gepuk vs Empal

Gepuk (@Ekstra Resep)
Gepuk (@Ekstra Resep)

Kalau yang ini, sama-sama dari daging tapi dari penampilannya sudah beda. Gepuk adalah makanan khas dari Jawa Barat. Tampilan dagingnya lebih padat dan warnanya lebih gelap.

Empal Gepuk (@Okezone)
Empal Gepuk (@Okezone)

Sementara itu, penyajian empal dari Jawa Timur cenderung lebih sepeeti disuwir-suwir. Nggak jarang banyak orang bilang seperti abon. Tampilan warnanya juga cenderung terang.

4. Bajigur vs Ronde

Bajigur (@Selera)
Bajigur (@Selera)

Setelah mengulas makanan, kali ini ada minuman hangat baik dari Jawa Timur dan Jawa Barat. Kalau dari Jawa Barat namanya adalah Bajigur. Secara visual, bajigur terlihat coklat muda. Cenderung hanya memberi rasa manis dan sedikit pedas dari jahe. Warna dan rasa dari bajigur ini berasal dari komposisi utamanya yaitu gula aren.

Wedang Ronde (@Antara)
Wedang Ronde (@Antara)

Kemudian, minuman hangat dari Jawa Timur adalah ronde. Warna ronde biasanya cerah cerah dan menggugah selera. Semangkuk wedang ronde biasanya dilengkapi dengan kolang-kaling, kacang, dan lainnya. Sebagai minuman penghangat, ronde dibuat dengan jahe.

“Kok air bisa jadi pedes. Air pedes kali pake sambel,” ujar salah satu talent video Kata Bocah, Jordan dalam video Kata Bocah Tentang Makanan Jawa Barat Vs Jawa Timur.

Dalam video yang diunggah oleh channel Youtube Kokiku Tv ini, yang paling difavoritkan talent adalah makanan-makanan Jawa Timur. Nah, kalau kamu favoritkan kuliner Jawa Barat atau Jawa Timur Zens? (AL)

 

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.