Deretan Makanan dan Minuman yang Bikin Sakit Tapi Enak
Editor : Annisa Eka Safitri

Penulis : Annisa Eka Safitri

MALANGTODAY.NET – Pernah nggak, ngerasain perut atau tubuh nggak enak banget ketika mengkonsumsi makanan atau minuman? Bisa jadi, rasa nggak enak ini muncul dari dua jenis makanan atau minuman yang nggak boleh dikonsumsi secara bersamaan.

Buat ZenTODAY yang belum tau, ada beberapa makanan dan minuman yang tidak bisa dikonsumsi secara bersamaan. Kalau dikonsumsi secara bersamaan, nantinya bakalan bikin masalah di dalam tubuh.

Malu dong, pas lagi dinner sama pacar, ZenTODAY harus nahan rasa sakit akibat salah mengkonsumsi makanan dan minuman.

Maka dari itu MalangTODAY udah merangkum beberapa makanan dan minuman yang buruk banget jika dikonsumsi bersamaan. Yuk disimak!

  1. Teh dan Susu
Deretan Makanan dan Minuman yang Bikin Sakit Tapi Enak
Teh tarik, perpaduan teh dengan susu @ netz.id

Buat teh tarik lovers, perpaduan antara teh dan susu itu ternyata nggak baik lho untuk kesehatan. Walaupun rasanya enak parah, tapi manfaat dari kedua jenis bahan minuman itu jadi ilang. Antioksidan yang terkandung dalam teh, hilang akibat protein susu yang mengikat zat tersebut.

  1. Roti Tawar dan Selai
Deretan Makanan dan Minuman yang Bikin Sakit Tapi Enak
Roti tawar dan selai strawberry (ist)

Suka makan roti berisi selai? Surprisingly, hal ini sebenernya nggak diperbolehkan lho. Karena kedua jenis makanan ini sama-sama mengandung karbohidrat yang bisa menaikkan gula darah dengan cepat. Ketika gula darah naik, tubuh harus bekerja keras buat melepaskan hormon insulin dari pankreas. Kalau udah turun, otomatis bakalan menghabiskan energi dan gampang merubah mood seseorang.

  1. Telur dan Daging

Emang sih, sarapan daging sama telur itu bikin perut jadi lebih kenyang. Cuman, perpaduan dua protein ini selain bikin kenyang dan enak di lidah, justru bikin perut terasa kembung dan begah. Kenapa begah? Karena protein memakan waktu yang cukup lama untuk dicerna.

  1. Udang dan Vitamin C
Deretan Makanan dan Minuman yang Bikin Sakit Tapi Enak
Perpaduan kedua jenis makanan ini bisa menimbulkan racun dalam tubuh (ist)

Kebanyakan orang, ngerasa seger aja melihat udang yang ditaburi dengan perasan lemon atau jeruk. Padahal kandungan senyawa di dalam udang, bisa berubah menjadi arsenik atau zat kimia beracun ketika bertemu dengan vitamin C. Bukan cuma perasan lemon, kalau kamu minum jus jeruk sehabis makan udang, juga bisa berpotensi keracunan lho.

  1. Kentang dan Daging
Deretan Makanan dan Minuman yang Bikin Sakit Tapi Enak
Yang satu ini enak sih, tapi bikin kembung karena sama-sama karbohidrat (ist)

Selain menjadi sumber energi untuk tubuh, karbohidrat juga nggak boleh dikonsumsi secara bersamaan lho. Contohnya kentang dan daging. Meskipun kentang adalah jenis sayur mayur, tapi kandungan karbohidratnya tinggi. Perbedaan enzim yang ada di dalam dua jenis makanan tersebut, malah membuat zat gizi keduanya nggak bisa diserap secara maksimal.

Jadi udah tau kan, makanan apa aja yang nggak baik di konsumsi secara bersamaan? Walaupun terkadang efeknya tidak langsung terasa, tapi semakin nimbun yang jahat di dalam tubuh, efeknya semakin keluar lho nanti.

Makan makanan yang sehat dan hidup bahagia ya!