Kuliner Kota Malang dan Sumbangsihnya Untuk Roda Perekonomian
Ilustrasi olahan kuliner UMKM di Kota Malang (Pipit Anggraeni)

MALANGTODAY.NET – Selain dikenal sebagai kota pendidikan, Malang juga disebut sebagai surganya kuliner. Sederet olahan menggiurkan menjadi salah satu daya tarik bagi wisatawan yang berkunjung. Geliat dari UMKM kuliner pun dikatakan turut menyumbang roda perekonomian Kota Malang.

Namun sayangnya, masih sedikit olahan khas Kota Malang yang mampu bersaing dalam pasar nasional maupun internasional. Salah satu penyebabnya adalah kemasan yang kurang menarik dan tak sesuai dengan standar yang ditetapkan pasar.

Baca Juga: Menembus Hujan di Asmat, Ini Romantisme Jokowi Membonceng Iriana

“Kalau soal rasa sepertinya kita nggak kalah, malah kita unggul. Tapi kemasannya memang yang perlu mendapat perhatian,” terang Pjs. Wali Kota Malang, Wahid Wahyudi pada wartawan, Jumat (13/4).

Menurutnya, ada banyak inovasi kuliner yang patut untuk dipasarkan dalam kancah nasional mauoun internasional. Dia pun menargetkan agar perguruan tinggi dapat digandeng oleh Pemerintah Kota Malang, utamanya dalam memfasilitasi proses pembuatan kemasan yang lebih menarik.

Karena Kota Malang sendiri memiliki sekitar 62 perguruan tinggi. Di mana banyak diantara perguruan tinggi tersebut yang memiliki jurusan desain. Sehingga, potensi tersebut dinilai perlu untuk dimanfaatkan.

Baca Juga: Hari Ini Pre- Sale Oppo F7 Dibuka, Ini Kisaran Harganya!

Lebih lanjut dia menjelaskan jika permasalahan klasik yang dihadapi UMKM selama ini adalah permodalan. Wahid pun menegaskan jika Pemkot Malang sudah yang bekerjasama dengan Bank Jatim telah memberi skema bantuan dengan bunga enam persen bagi UMKM.

“Bunganya ringan dan visa dimanfaatkan, ini dibuat untuk menjawab permasalahan UMKM yang lemah dalam masalah permodalan,” jelasnya lagi.


Reporter   : Pipit Anggraeni
Editor        : Dian Tri Lestari

Loading...