Cobain Yuk, Resep Sempol Kari Apel Ala Hotel Berbintang
Sempol Kari Apel ala Gets Hotel Malang (Pipit Anggraeni)

MALANGTODAY.NET – Sempol, jajanan yang satu ini sudah pasti nggak asing lagi ya guys. Biasanya, abang di pinggir jalan membuatnya dengan daging ayam dan adonan khusus.

Lantas, kira-kira bagaimana ya, kalau Sempol itu dikreasikan dengan buah apel dan cita rasa hotel berbintang? Pasti yummy banget deh.

Karena pamornya yang tinggi itu, Gets Hotel Malang pun mencoba mengkreasikannya dengan inovasi baru. Sajian sempol ini dibuat dengan bahan utama daging ayam dan apel Malang. Penasaran seperti apa bikinnya? Berikut ini resep yang dibagi oleh Excecutive Chef Gets Hotel Malang, Chef Karyono.

Menurutnya, bahan yang dibutuhkan untuk membuat jajanan ini sangat mudah. Mulai dari bawang merah, bawang putih, merica bubuk, bumbu kari apel, santan, kaldu ayam, tepung terigu, hingga tepung kanji. Tidak ketinggakan, buah apel dan telurnya juga ya guys.

“Cara membuatnya pun sangat mudah,” katanya pada Media.

Langkah pertama yang harus kalian lakukan menurut Chef Karyono adalah mencincang daging ayam terlebih dulu. Selanjutnya, daging diblander bersama bawang merah dan bawang putih. Setelah halus, tambahkan bumbunya seperti gula, garam, merica bubuk, kaldu ayam, bumbu kari ayam, tepung terigu, tepung kanji, sedikit santan dan telur.

“Semua diaduk menjadi satu, lalu jangan lupa setelah dimasukkan semua tambahkan daging apel yang juga dicincang, dan aduk lagi hingga rata,” tambahnya.

Setelah adonan menyatu, maka langkah berikutnya adalah membentuk adonan tersebut layaknya sate lilit atau sempol, dengan menggunakan tusuk sempol. Setelah selesai, maka adonan tersebut direbus di dalam adonan kari apel sampai matang.

Setelah matang dan bumbu meresap, maka langkah selanjutnya adalah menggorengnya dengan minyak yang panas. Sebelumnya, baluri sempol dengan telur yang telah dikocok. Tapi apabila tidak suka digoreng, maka kalian bisa nemanggangnya loh guys.

“Tanpa dipanggang atau digoreng pun, sebenarnya setelah direbus juga bisa dikonsumsi,” tambah pria ramah ini.

Lanjut, untuk membuat saus kari apelnya guys. Bahan utamanya, masih tetap apel Malang yang ditambah dengan sambal dan bumbu kari. Semua bahan dimasak menjadi satu layaknya saus pada umumnya.

Setelah selesai, sempol dan saus kari apelnya yang menggoda itu bisa disajikan selagi masih hangat ya guys. Selain ada kenikmatan bumbu kari yang kental dan meresap, krunchi apel yang dicincang pun masih sangat terasa loh guys, plus asemnya yang menggoda.

Sementara itu, Media Relations Gets Hotel Malang, Andina Paramitha menambahkan, pihak hotel memang sengaja membuka cooking class bagi tamu yang penasaran untuk mengolah berbagai sajian khas hotel berbintang. Sehingga, tamu juga dapat berkreasi dengan olahan yang nantinya akan dinikmati.

“Hidangan yang kami sajikan sebenarnya juga banyak foodstreet, dan dengan kemasan yang berbeda,” ujarnya.

Sedangkan untuk olahan sempol itu sendiri menurutnya dibandrol Rp 10 ribu dan untuk cooking class Rp 75 ribu per orangnya. Selain cooking class, pihak hotel juga menyediakan Latte Art, dan cocok buat kalian yang ingin belajar melukis dengan kopi di atas sebuah cangkir.

Berikan tanggapan Anda

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here