Tempe mendhol khas Malang @resepkoki
Tempe mendol khas Malang @resepkoki

MALANGTODAY.NET – Tempe memang menjadi makanan khas Indonesia. Bahan untuk lauk dan camilan ini terbuat dari kedelai yang sudah difermentasi. Biasanya berbentuk kotak. Bagi ZensTODAY, sudah jamak tempe dijadikan beragam olahan, mulai dari lauk sampai camilan. Termasuk tempe mendol yang menjadi lauk sekaligus camilan khas di Malang.

Belum diketahui pasti sejak kapan masyarakat Malang menyukai kudapan ini. Namun, keberadaan tempe mendol memang tidak bisa dipisahkan dari Bhumi Arema ini.

Tempe mendol memiliki peran yang beragam dan menyeluruh. Ia bisa hadir sebagai lauk saat makan. Jenis makanan pun tidak memihak satu sama lain. Apapun makanannya, kehadiran tempe mendol selalu menambah kenikmatan.

Selain sebagai lauk, tempe mendol juga kerap dijadikan camilan. Serupa dengan tempe goreng atau tempe tepung (biasa dikenal dengan gorengan), mendol juga lezat dinikmati tanpa sandingan nasi.

Rasanya yang gurih, membuat tempe mendol lekat sekali dengan lidah orang Jawa Timur, khususnya Malang.

Bagi Zens yang sedang berwisata ke Malang, atau perantauan di Malang, atau sedang mencari kudapan saat berbuka puasa, tempe mendhol wajib masuk list daftar kuliner kalian.

Zens juga bisa membuatnya sendiri, tanpa ribet dan hasilnya memuaskan.

Tempe mendhol khas Malang @kayuagung
Tempe mendol khas Malang @kayuagung
Berikut bahan dan caranya!

Bahan utama: tempe sesuai kebutuhan. Ada yang bilang kalau tempe yang sudah (agak) basi atau sudah beberapa hari, akan jauh lebih nikmat dibuat mendol.

Bahan pendukung: daun jeruk atau bisa juga pakai jeruk bumbu (bisa 1 lembar daun atau setengah jeruk bumbu); bawang merah dan bawang putih (masing-masing bisa 1-4 siung); kencur (secukupnya); garam dan gula pasir (masing-masing ½ teh); penyedap rasa (secukupnya); cabai (sesuai selera); ketumbar (secukupnya); dan minyak goreng (secukupnya).

Cara membuat: haluskan semua bahan pendukung dalam sebuah wadah atau cobek. Lalu ambil tempe dan gerus atau lumat, kasar saja. Campurkan gerusan tempe dan bahan pendukung sampai merata.

Adonan mendol siap dibentuk oval. Sambil membentuk, panaskan minyak goreng. Jika adonan mendol selesai dibentuk, goreng hingga coklat keemasan. Tempe mendol khas Malang siap dihidangkan.

Mudah, bukan? Anak kos juga bisa, loh, buat tempe mendol ini untuk hidangan sahur dan buka puasa. Atau sekadar untuk camilan usai salat tarawih. Em, yuk buat! (Bas)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.