Gunung Wilis (Istimewa)

MALANGTODAY.NET – Menjadi backpaker memang kesenangan tersendiri. Jika kamu seorang backpaker, tentu soal biaya menjadi nomor sekian, yang penting membuat perjalananmu berkesan dan menyenangkan.

Berwisata ke Bandung atau Bali, memang sudah biasa. Apa salahnya jika backpaker pelesiran ke tempat-tempat yang jarang dilirik orang, ke Madiun misalnya. Kota kecil di Jawa Timur ini kaya akan wisata alam. Sajian panorama yang indah dan tiada duanya, Madiun bisa masuk dalam daftar destinasimu tahun ini.

Bagi kamu yang tertarik dengan panorama Madiun, yuk simak beberapa wisata alam murah di Madiun.

Gunung Wilis
Gunung Wilis (Istimewa)

Gunung Wilis terletak di antara enam kabupaten di Jawa Timur. Keenam kabupaten tersebut adalah Kabupaten Madiun, Kabupaten Kediri, Kabupaten Tulungagung, Kabupaten Trenggalek, Kabupaten Ponorogo, dan Kabupaten Nganjuk.

Letaknya yang berada di tengah-tengah, membuat gunung ini memiliki banyak jalur pendakian. Bacpaker garis keras akan terpacu dengan beragam jalur yang memantang.

Gunung Wilis ini cukup unik, sebab memiliki empat puncak. Puncak-puncak tersebut adalah Puncak Batas, Puncak Tawang, Puncak Kandang, dan Puncak Ngilam. Puncak tertinggi adalah Ngilam. Puncak ini berada di ketinggian 2.562 meter di atas permukaan laut.

Melalui Puncak Ngilam, kamu bisa menyaksikan keindahan alam yang menyihir mata. Hamparan bukit hijau mampu menyejukkan mata.

Wisata Alam Grape Madiun

Wisata ini adalah hutan wisata; sangat cocok bagi kamu yang ingin menyatu dengan alam. Hutan ini terletak di kaki Gunung Wilis. Hutan wisata kerap kali dijadikan sebagai tempat untuk relaksasi dan menghilangkan penat.

Selain untuk relaksasi, Wisata Alam Grape ini juga biasa dipakai untuk kegiatan hiking, panjat tebing, dan berkemah. Di sini juga dilengkapi dengan aula pertemuan dan taman bermain anak, sehingga cocok juga digunakan untuk piknik bersama keluarga.

Di kawasan ini juga terdapat sebuah sungai yang memiliki air sangat jernih. Sungai ini berasal dari Pegunungan Dungus. Buat kamu para backpaker, selain bisa menikmati alam, ada pula spot foto unik dan instagramable.

Air Terjun Banyulawe Dong

Air terjun ini terletak di Dusun Gligi, Desa Kepel, Kecamatan Kare, Madiun. Tidak seperti air terjun pada umumnya, Air Terjun Banyulawe Dong membutuhkan tenaga ekstra untuk mencapai lokasi. Para backpaker harus menempuh sekitar 2 sampai 3 jam perjalanan. Jalur yang sulit, terjal, dan licin membuat para pengunjunga harus ekstra hati-hati.

Meski memakan waktu yang cukup lama dan menantang, para backpaker tak perlu khawatir. Sebab, disepanjang jalur, mata akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang indah. Apalagi ditambah dengan bebunyian kicau burung yang merdu membuat perjalanan menuju air terjun menjadi syahdu.

Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 40 sampai 50 meter. Para backpaker bisa menikmati tempias dan sejuknya air terjun dengan lebih dekat. Namun, yang perlu diingat, harus hati-hati jika ingin menikmati segaranya Air Terjun Banyulawe Dong.

Untuk menuju ke lokasi-lokasi di atas, backpaker tak perlu resah dan gelisah soal biaya. Semua wisata di atas bisa dinikmati tanpa biaya yang tinggi. Tidak hanya puas menikmati sajian alam yang menakjubkan di Madiun, backpaker tentu perlu juga istirahat setelah lelah menikmati perjalanan. Tenang saja, backpaker bisa pesan penginapan atau hotel di Madiun dengan kupon “promo airy”.

Beragam kamar ada di Airy. Nikmati fasilitas kamar yang bersih, nyaman, dan lengkap. Yuk, rencanakan perjalananmu ke Madiun sekarang! (Bas)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.