Ikan Bakar Bawean, Cicipi Olahan Khas Pulau Bawean di Ikan Bakar Bawean yang Menggoyang Lidah
Ikan bakar khas Pulau Bawean@ Nanda Syauqy/MalangTODAY.net

MALANGTODAY.NET– Gimana ZensTODAY, pada setujukan, jika Jawa Timur itu gudangnya deretan kuliner top. Salah satunya, adalah kuliner tradisional khas dari Pulau Bawean yang tidak bisa kita temui di daerah lain.

Untuk yang belum tau, ada sedikit info nih. Pulau Bawean sendiri terletak di Laut Jawa, tepatnya sekitar 120 kilometer sebelah utara Gresik. Secara administratif pemerintahan, pulau ini termasuk ke dalam wilayah Kabupaten Gresik loh.

Dengan wilayah yang didominasi wilayah pesisir, membuat Bawean memiliki kekayaan akan tangkapan laut melipah. Tak heran, jika pulau dengan luas 196,3 kilometer persegi ini memiliki kuliner-kuliner khas, terutama yang paling banyak dicari orang adalah olahan ikan bakarnya.

Ikan Bakar Bawean
IBB yang berlokasi di Jalan Raya Puncak Buring Indah No.1, Buring, Kec. Kedungkandang, Kota Malang@ Nanda Syauqy/MalangTODAY.net

Ikan bakar khas Pulau Bawean memang sangat istimewa Zens, selain karena menggunakan ikan fresh, juga menggunakan rempah-rempah serta bumubu-bumbu rahasia penggoyang lidah.

Jika kamu warga Malang dan pengen banget mencicipi sensasi kenikmatan ikan bakar khas Pulau Bawean, sekarang tidak usah jauh-jauh kesana. Karena di bumi Arema ini sudah ada tempat makan yang menyediakan menu asli Pulau Bawean.

Berlokasi di Jalan Raya Puncak Buring Indah No.1, Buring, Kec. Kedungkandang, Kota Malang, Ikan Bakar Bawean (IBB) pertama dan satu-satunya tempat makan yang menjadikan kuliner tradisional khas Pulau Bawean menjadi menu adalannya.

Berawal dari keingian mengenalkan Pulau Bawean, Pengelola pemuda asli Bawean yang sekarang menetap di Malang untuk mendirikan rumah makan yang menyediakan menu-menu kampung halamannya. Dan di tahun 2015 awal, Pengelola bersama istri tercinta mulai membuka Ikan Bakar Bawean.

Awal mula berdirinya IBB

Ikan Bakar Bawean
Pelanggan setia saat menikmati meni di IBB@Nanda Syauqy/MalangTODAY.net

“IBB tercetus tidak sengaja, idenya muncul saat saya ke malang di tahun 2004. Saya kenalan sama temen-temen, setiap kenalan saya bilang dari Bawean. Walaupun notabennya mereka dari Jawa Timur, mereka tidak tau Bawean di mana. Dari situ saya geregetan untuk mengenalkan Bawean kepada mereka,” terang pengelola.

Lanjut Pengelola, kuliner Pulau Bawean memiliki ciri khas tersendiri dibandingkan di daerah-daerah lain, khususnya soal rasa ikan bakarnya. Menurutnya ikan bakar Bawean istimewa, tertutama dalam penggunaan rempah dan bumbu yang hanya bisa ditemui di Pulau Bawean sendiri.

Ikan bakar khas Pulau Bawean@Nanda Syauqy/MalangTODAY.net

“Perbedan menu-menunya sangat mencolok sih. Jadi ikan bakar Bawean dengan bumbu-bumbu khas di sana. Orang Bawean cenderung pedes. Jadi pertama kali coba itu bumbu yang bakar pedes. Namun dengan berjalannnya waktu, ada masukan dari pelaggan. Akhirnya terciptalah rasa baru yang tidak meninggalkan keistimewaan rasa pedes dari Pulau Bawean,” lanjutnya.

Hmmm, gimana Zens udah pada ngiler kan hehehe…Daripada penasaran yuk intip lebih dekat dengan deretan menu di Ikan Bakar Bawean yang sayang untuk kalian lewatkan.

Ikan Bakar Bawean

Ikan Bakar Bawean dengan bumbu pedas@Nanda Syauqy/MalangTODAY.net

Nih, salah satu menu terfavorit di tempat ini Zens. Disini kalian akan dibebaskan untuk memilih sendiri ikan yang masih fresh. Jangan khawatir di IBB disedikan berbagai jenis ikan dengan berbagai ukuran. Selanjutnya ikan akan diolah sesuai dengan permintaan pelanggan. Mau milih pedes khas di Pulau Bawean atau pedes manis atau manis aja, bisa di-request sesuai selera.

Kella Celok

Kella celok yang sederhana tapi menggoda@Nanda Syauqy/MalangTODAY.net

Ini yang paling khas, berbeda dengan menu-menu yang lain yang menggunakan berbagai macam bumbu dan rempah. Klacelok hanya menggunakan bumbu yang sangat sederhana, yakni bawah merah dan jeruk nipis. Namun, karena kesederhanaan ini lah yang menjadi keistimewaannya. Klacelok cocok disantap saat siang hari dengan cuaca terik, Mantab!

Oseng Cumi

Oseng cumi yang cocok disantap dengan nasi hangat@Nanda Syauqy/MalangTODAY.net

Berbahan cumi-cumi segar dan dipadukan dengan beberapa bumbu rahasia, seperti bawang merah, cabai, dan lada membuat menu oseng cumi luar biasa. Rasa pedas, manis, dan asin berpadu. Oseng cumi cocok disantap dengan nasi hangat.

Kerang Saos IBB

Oseng kerang hijau menu terbaru di IBB@ Nanda Syauqy/MalangTODAY.net

Olahan satu ini merupakan menu terbaru dari IBB. Menggunakan saus delmonte dan beberapa tomat serta bawang bombai yang membuatnya berbeda dengan masakan-makan kerang di tempat lainnya.

Kopbhuk-kopbhuk

Kopbhuk-kopbhuk dengan ciri khas gula aren yang didatangkan langsung dari Pulau Baweankopbhuk-kopbhuk

Dari berbagai pilihan minuman yang tersedia disini, Kopbhuk-kopbhuk* menjadi primadona disini. Bagaimana tidak? karena minuman ini khas dari Pulau Bawean. Berbahan dasar kelapa muda utuh dan ditambah dengan Gula Aren yang di datangkan langsung dari sana membuat minuman ini cocok untuk menjadi pelepas dahaga sesudah menikmati menu-menu di atas.

Untuk kepoin lebih lanjut, ZensTODAY bisa langsung cek di instgaram IBB atau hubungi di nomor berikut 08179662227. Selamat mencoba dan salam laparrr…!

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Ikan Bakar Bawean (@ikanbakarbawean) on

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.