Yuk, Nostalgia Bersama Tayangan Pertama MTV 37 Tahun Lalu
MTV (Istimewa)

MALANGTODAY.NET – “Ladies and gentlemen, rock and roll,” Kalimat tersebut menjadi pembuka dalam siaran pertama Music Television atau yang lebih sering kita sebut dengan MTV.

Saluran televisi milik Viacom Media Networks ini mengudara pertama kali tepat pada hari ini 37 tahun lalu, 1 Agustus 1981. Kalimat tersebut diucapkan oleh John Lack dalam rekaman hitung mundur peluncuran Space Shuttle Columbia yang pertama.

Baca Juga: Pengelolaan SMA/SMK Diusulkan kembali ke Daerah, Ini Kata Mendikbud!

MTV menjadi saluran televisi yang memperkenalkan Video Jockey (VJ). Bagi generasi 90-an tentu sangat familiar dengan istilah VJ ini. Mengutip dari Tirto.id, Selasa (1/8/2018), ide VJ merupakan gagasan dari Bob Pittman, orang yang menggagas konsep MTV.

Dalam sebuah buku berjudul ‘I Want My MTV: The Unsencored Story of The Music Video Revolutions’ Craig Marks dan Rob Tannenbaum mengatakan bahwa Pittman ingin acara musik dibawakan oleh beberapa orang dengan karakter dan tampilan yang berbeda. untuk memenuhi keinginan tersebut audisi pencarian VJ pun dibuka sebulan sebelum MTV mengudara.

MTV muncul sebagai saluran televisi pertama yang fokus utamanya menayangkan video-video musik dengan konsep memvisualisasikan siaran radio. Dalam siaran pertamanya tersebut MTV menanyangkan video musik milik  duo asal Inggris, The Buggles yang berjudul Video Killed The Radio Star. Melalui singgel tersebut, The Buggles berhasil menduduki puncak tanggal lagu di 6 negara.

Melansir dari npr pada masa itu, video musik bukanlah hal umum yang diketahui oleh semua orang. Bahkan dalam acara All Things Considered, Rob Tannenbaum mengatakan “Kenyataannya, jika kau berkata pada seseorang di tahun 1981, ‘Apa kau mau melihat sebuah video musiki?’ orang itu akan berkata, ‘Aku tak tahu apa yang sedang kau bicarakan’ karena ungkapan itu (video musik) tidak benar-benar ada.”

Baca Juga  Deretan 10 Selebriti Indonesia Ini Cocok Banget Perankan Karakter Walt Disney

Baca Juga: Korban Terbaru Rasisme di Sepak Bola, Mesut Ozil Putuskan Pensiun dari Timnas

Hal itu yang membuat MTV sempat mengalami kesulitan pada tahun-tahun awal mereka mengudara. Operator-operator tv kabel sering menolak untuk menyertakan saluran MTV dalam tayangan mereka.

Banyak pihak menganggap MTV hanyalah saluran berisi sekelompok orang penggemar musik rock and roll. Namun era kegagalan itu berakhir setelah perusahaan mengeluarkan sebuah iklan legendaris yang menggandeng beberapa bintang rock and roll yang meneriakkan kalimat “I want my MTV!

MTV kemudian mengukuhkan kejayaannya dengan mensponsori pembuatan video musik milik King of Pop Michael Jackson. Video musik Thriller yang dirilis tahun 1983 itu menjadi video musik pertama dengan durasi 14 menit.

Meski merasa khawatir karena saat itu musisi berkulit hitam tidaklah umum, namun MTV justru mendapat kenaikan rating usai menayangkan video tersebut.  Selain itu, Thriller juga menjadi titik balik bagi para musisi berkulit hitam.

“Saat mereka melihat rating meningkat, mereka menyadari bahwa para musisi berkulit hitam dapat diberdayakan.” Ucap Tannenbaum dikutip dari npr.

Baca Juga: Seminggu Dicat Warna Warni, Pembatas Jalan di Jakarta Dicat Hitam Putih Lagi

MTV berhasil membuat musisi seperti Madona dan Guns N’ Roses menjadi bintang. Namun kini, menurut Tannenbaum, akan cukup sulit untuk menemukan video-video musik di saluran MTV.

Ia juga menambahkan MTV mulai mengurangi penayangan viedo musik sejak berhasil memenangkan Bill Clinton pada pemilu presiden tahun 1992. Menurutnya, The Real World, show pertama yang ditayangkan pada tahun tersebut merupakan poin terakhir MTV sebagai saluran revolusioner.


Penulis : Kistin Septiyani
Editor  : Endra Kurniawan

Loading...