Dr Ismu saat ditemui awak media di ruang Fakultas Teknik UB.(yoga)
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

MALANGTODAY.NET – Dosen Fakultas Teknik Universitas Brawijaya (UB) Malang, Ir. Ismu Rini Dwi Ari, ST, M.Eng, Ph.D akan berbicara dalam kuliah tamu di kampus Cornell University, United States of Amerika (USA). Ismu akan memberikan kulian umum pada 20 April, terkait isu keberlanjutan pengelolaan air bersih perpipaan.

“Nantinya saya akan berbicara pada Forum SEAP (South East Asia Program) di George McT. Kahin Center for Advanced Research In South East Asia di Ithaca, New York, USA. Ini atas permintaan Direktur SEAP, Associate Professor Kaja M. Mc Gowan,” kata Ismu pada sesi jumpa pers, Kamis (13/04).

Undangan tersebut berkat penelitiannya mengenai pendekatan partisipatif dalam pengelolaan air bersih berbasis komunitas di Desa Toyomarto, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang. Ia melihat fenomena sistem penyediaan air bersih oleh PDAM yang masih minim di daerah tersebut.

“Kita melihat ada faktor perhitungan ekonomi yang masih menjadi pembatas untuk pemerintah menyediakan fasilitas air bersih untuk warga di daerah-daerah yang jauh dari kota seperti di Desa Toyomarto,” ungkapnya.

Ia berharap, ke depannya pemerintah daerah bisa bekerja sama dengan masyarakat setempat untuk tidak hanya memanfaatkan air, tapi juga mempertahankan keberadaan sumber mata air yang ada.

“Tujuannya agar air tersebut bisa dimanfaatkan untuk jangka waktu yang panjang. Proses edukasi menjadi PR pemerintah selain membuat kebijakan positif untuk mendukung program ini,” jelasnya.

Saat ini, penelitiannya tersebut sedang dalam tahap penggodokan sebagai Program Pengabdian Masyarakat dalam upaya konservasi sumber daya air berbasis partisipatif di level Universitas Brawijaya.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

Berikan tanggapan Anda

loading...

Balas

Please enter your comment!
Please enter your name here