Hancur di Liga Champions, Babak Baru Kehancuran Sepak Bola Jerman?
Borussia Dortmund di Liga Champions @Germanbuli Latest

MALANGTODAY.NET – Bicara seputar sepak bola, Jerman bisa jadi merupakan salah satu negara adidaya di ranah olahraga olah kulit bundar itu.  Catatan itu benar adanya mengingat Der Panser telah mengoleksi 4 trofi Piala Dunia. Hal itu turut merembet ke prestasi klub sepak bola Jerman yang berhasil melakukan All Germany Final di Liga Champions musim 2012/13 antara Borussia Dortmund dan Bayern Munich.

Hal selanjutnya bisa ditebak, pemain Jerman menjadi dagangan paling laku setiap bursa transfer dibuka. Talenta-talenta seperti Mario Gotze, Marco Reus, Julian Draxler, Ilkay Gundogan, hingga Leroy Sane menjadi properti panas di setiap bursa transfer. Sungguh masa depan yang indah diperlihatkan oleh sepak bola di tanah Hitler itu.

Baca Juga  Akibat Buka Skandal Match Fixing, BS Diteror Hingga Ungsikan Keluarga!
Hancur di Liga Champions, Babak Baru Kehancuran Sepak Bola Jerman?
Timnas Jerman tersingkir di Piala Dunia 2018 @China Daily

Ibaratnya masa kejayaan, pasti akan tiba masa keruntuhan. Hal itu yang dialami oleh sepak bola Jerman. Sempat meyakinkan hingga menjadi juara dunia di tahun 2014, penampilan Der Panzer perlahan mulai merosot. Tahun 2016, mereka mulai menurun setelah hanya mampu mencapai babak final di Euro 2016.

Harapan sempat membumbung saat tim lapis dua Jerman melesat memenangkan Piala Konfederasi 2017. Namun itu adalah awal dari kehancuran yang sebenarnya. Di Piala Dunia 2018, mereka tak sanggup untuk sekedar lolos dari fase grup setelah dalam partai terakhir kalah mengejutkan dari Korea Selatan. Mungkin anda ingat saat Manuel Neuer melesat ke depan yang membuatnya kebobolan?

Musibah di Liga Champions
Musibah di Liga Champions
Kemenangan Liverpool mengubur asa terakhir Jerman di Liga Champions @The Indian Express

Cerita ini kemudian berlanjut di Liga Champions Eropa musim 2018/19. Jerman mengutus empat wakilnya, yakni Bayern, Dortmund, Schalke, dan Hoffenheim. Tim yang disebut terakhir gagal lolos dari fase grup setelah tak mampu mencatatkan satu pun kemenangan. Alhasil, kebanggaan Jerman tersisa di pundak Bayern, Dortmund, dan Schalke.

Baca Juga  Gagal Lolos, Pelatih Cina Taipei Sebut Pemainnya Keracunan di Indonesia

Petaka itu pun akhirnya datang. Ketiga klub yang tersisa tak mampu membawa asa sepak bola Jerman lebih tinggi. Dortmund luluh lantak setelah terbantai 0-4 dari Tottenham (0-3 dan 0-1) dan Schalke menjadi kurcaci di hadapan Manchester City dengan skor total 2-10 (2-3 dan 0-7). Bayern yang menjadi satu-satunya harapan bernasib serupa setelah takluk 1-3 dari Liverpool.

Praktis, Liga Champions musim ini hanya menyisakan klub Inggris (4) dan masing-masing satu untuk perwakilan Spanyol (Barcelona), Italia (Juventus), Portugal (FC Porto) dan Belanda (Ajax). Mampukah 4 tim yang tersisa merontokkan dominasi klub Premier League? Jerman silakan duduk manis dan tonton sampai final, ya! (sig)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.