Pohon Dewandaru Gunung Kawi, Kejatuhan Daunnya Dipercaya Bisa Kaya
Pohon Dewandaru di Areal Pesarean Gunung Kawi (Dhimas)

MALANGTODAY.NET – Berbicara mengenai Gunung Kawi tidak lengkap rasanya jika tidak membahas tentang mitos di dalamnya. Di pesarean Gunung Kawi terdapat sebuah pohon yang cukup terkenal karena dipercaya dapat memudahkan dalam hal mencari rezeki.

Ya pohon tersebut adalah pohon Dewandaru atau nama latinnya Eugenia Uniflora, termasuk tanaman dikotil berakar tunggang.

Selain berwisata religi untuk berziarah ke makam Eyang Djoego dan R.M Iman Soedjono, banyak orang datang ke pesarean Gunung Kawi untuk melakukan pesugihan atau mencari kekayaan. Sebagian orang percaya bahwa pohon Dewandaru di sana dapat mempermudah jalan pesugihan itu.

Rumor yang berkembang di kalangan orang yang datang di areal pesarean Gunung Kawi mengatakan barang siapa yang kejatuhan daun, ranting atau buah pohon Dewandaru akan dipermudah jalan rezekinya.

Menurut Sekretaris Yayasan Gunung Kawi, Hari Priatin Aji hal itu tergantung kepercayaan masing-masing.

“Percaya nggak percaya itu semua kembali ke diri kita sendiri, jangankan daunnya bahkan jika kita tertimpa pohonnya kalau gak kerja keras mau dapat rezeki dari mana,” ujar Aji saat dijumpai MalangTODAY.net, Sabtu (04/03).

Ia menambahkan, banyak orang datang untuk bersemedi di bawah pohon Dewandaru tersebut, mulai beberapa menit hingga ada yang berbulan-bulan lamanya.

Asal usul pohon Dewandaru di pesarean Gunuk Kawi ini sendiri masih simpang siur, ada yang mengatakan pohon ini adalah tongkat R.M Iman Soedjono yang di tancapkan hingga menjadi pohon.

Adapula yang mengatakan bahwa pohon ini sengaja ditanam agar masyarakat di kawasan Gunung Kawi bisa hidup sejahtera. Terlepas dari mana asal usul pohon ini yang jelas memiliki usia yang sangat tua hingga ratusan tahun.

Pohon Dewandaru ini terletak di areal makam Eyang Djoego dan R.M Iman Soedjono, dengan dikelilingi oleh pagar besi kurang lebih sekitar 2 meter.

Berikan tanggapan Anda

Balas

Please enter your comment!
Please enter your name here