Minarni Soedarjanto @Historia
Minarni Soedarjanto @Historia

MALANGTODAY.NET – Jika selama ini kita mengenal ratu bulutangkis Indonesia adalah Susi Susanti, ternyata ada lagi atlet wanita sukses sebelumnya. Dialah Minarni Soedarjanto.

Minarni adalah seorang atlet Bulutangkis Indonesia yang berjaya pada tahun 1960-an hingga 1970-an. Tepatnya, ia aktif di bulutangkis sejak tahun 1959 hingga 1975.

Wanita kelahiran Pasuruan, 10 Mei 1944 merupakan atlet bulutangkis putri Indonesia pertama yang berhasil mencapai babak final All England. Dalam final All England 1968, Minarni berhasil membawa pulang medali perak pada sektor tunggal putri dan juara pada sektor ganda putri bersama Retno Koestijah.

Perlu diketahui, Minarni adalah salah satu pemain bulutangkis yang bisa bermain di semua sektor kejuaraan bulutangkis putri. Dilansir dari Tribunnews (10/5/2019), Minarni berhasil meraih juara di sektor tunggal putri, ganda putri, dan ganda campuran.

Selain All England, ia menorehkan prestasi di ajang Asian Games, Piala Uber, Malaysia Open, AS Open, Canada Open. Atas prestasi-prestasi yang diraihnya ini, Minarni kemudian dipercaya sebagai pelatih di pelatnas Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI).

Menginjak usia 59 tahun, tepat pada tanggal 14 Mei 2003, Minarni Soedarjanto menghembuskan napas terakhir karena komplikasi radang paru-paru dan liver. Ia dimakamkan di TPU Tanah Kusir Jakarta Selatan. (AL)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.