Wakil Walikota Malang, Sutiaji (dua dari kiri) dianugerahi gelar KRT dari Keraton Surakarta Hadiningrat (Humas Pemerintah Kota Malang for MalangTODAY.net)

MALANGTODAY.NET – Wakil Walikota Malang, Sutiaji baru saja mendapat gelar Kanjeng Raden Tumenggung (KRT atau Kriyonegoro dalam bahasa Jawa) oleh Keraton Surakarta Hadiningrat.

Gelar kehormatan tersebut diberikan langsung oleh Raja Surakarta Hadiningrat Pakoeboewono XIII dalam acara wisuda prosesi pelantikan gelar di ruang Ndalem Kalitan Keraton Surakarta Solo, Junat (21/4) malam.

Gelar kehormatan tersebut selalu diberikan kepada pemimpin yang selalu berkarya untuk kemajuan, kemakmuran negeri dan rakyatnya. Juga kepada pemimpin yang selalu menjaga keberagaman, adat dan budaya.

Melalui keterangan tertulisnya, pria nomor dua di Kota Malang itu menyampaikan kebanggaannya. Dia pun berharap, dengan amanah baru tersebut ia dapat menjadi pemimpin yang lebih amanah sebagaimana makna gelar itu sendiri.

“Ini bukan hanya sekedar gelar kehormatan, tapi juga harus diiringi tanggungjawab yang luar biasa,” katanya.

Penganugerahan tersebut dilaksanakan dengan sebuah prosesi Kekeratonan Surakarta yang sangat sakral. Dengan memakai busana beskap lengkap bak seorang pangeran, kemudian disumpah untuk berbuat yang terbaik bagi masyarakat, serta menjaga nama baik Keraton Surakarta.

Selepas itu, hari ini Sutiaji pun diundang untuk silahturahmi resmi dengan raja-raja Keraton Solo di Sasana Wilapa Keraton dan melihat  sekeliling Keraton Surakarta Hadiningrat.

Berikan tanggapan Anda

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here