Jack Ma @bloomberg

MALANGTODAY.NET – Jack Ma dalam sebuah kunjungannya di Afrika membeberkan kunci kesuksesannya kepada khalayak umum. Dalam pidatonya tersebut ia menjelaskan masyarakat saat ini dipenuhi kekhawatiran dan keprihatinan.

“Inilah tepatnya yang saya lihat di China. Kami juga khawatir 20-30 tahun lalu, China sering sekali khawatir,” ujarnya.

Ia melanjutkan, namun setelah 20 tahun berlalu, kini orang-orang berpikir China seperti srigala. Hal tersebut menurutnya karena masyarakat China berkembang.

Perkembangan tersebut karena kepercayaan orang-orang akan masa depan yang menanti.

“Hari ini saya telah bertemu banyak sekali entrepreneur muda luar biasa. Ide-ide yang mereka punya, gairah masa depan dan kepercayaan yang mereka punya akan masa depan inilah yang dibutuhkan manusia. Inilah yang dibutuhkan ekonomi, yaitu orang-orangnya,” jelasnya.

Menurutnya, apa yang dibutuhkan manusia saat ini bukan saja tentang infrastruktur, tapi gairah masyarakat akan kepercayaan pada kehidupan di masa depan, khususnya bagi kawula muda.

Jack Ma menuturkan, orang-orang terus bertanya bagaimana bisa ia menjalankan sistem e-commerce, padahal dirinya tak memiliki berbagai infrastruktur, mulai dari kredit hingga internet.

“Karena kami entrepreneur, kami mulai membangun. Entrepreneur sejati tak pernah menunggu infrastruktur. Kita membangun infrastruktur,” jawabnya.

Dalam akhir pidatonya, ia membuka mata para hadirin dengan sebuah kata-kata penuh motivasi.

“Dan saya katakan lagi, jika Jack Ma bisa sukses maka 80 persen orang di dunia bisa sukses. Kami tak mempunyai uang, kami memulai dari nol dan perhatikan secara khusus pada wanita, karena wanita akan menjadi kekuatan yang semakin besar di abad ke-21,” pungkasnya.

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.