Inilah Sosok di Balik Karya Karikatur Nyentrik Menteri Susi Pudjiastuti
Anja Arowana Episcia Liviana @MalangToday.net/Pipiet Anggraeni

MALANGTODAY.NET – Sebuah lukisan karikatur menjadi cindera mata untuk Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti dari Rektor Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Fauzan. Karikatur itu diserahkan usai rangkaian acara Rapat Sidang Terbuka Senat UMM, di mana Menteri Susi juga didaulat memberikan kuliah tamu.

Saat menerima karya karikatur nyentrik itu, yang tampak adalah ekspresi Menteri Susi langsung sumrigah dan tertawa lepas. Lukisan itu pun langsung dipamerkan di hadapan jepretan media massa sambil terus menebar senyum.

Karikatur itu menampilkan Menteri Susi yang sedang menaiki sepeda air berbentuk bebek, sambil melambaikan tangan. Tidak lupa anting besar dan sanggul menjadi ciri khas sang Menteri. Pelukisnya juga tidak lupa menampilkan Kampus UMM sebagai latar. Lukisan itu pun, diboyong ke kediaman Menteri Susi.

Tapi siapa sebenarnya di balik karya lukisan nyentrik itu? Dia adalah Anja Arowana Episcia Liviana, seniman muda asal Sidoarjo yang sedang menempuh pendidikan Pascasarjana di UMM.

“Wah, rasanya bangga sekali bisa membuat karikatur Bu Susi, karena saya mengidolakan beliau,” kata Anja kepada MalangTODAY.net, Sabtu (25/2).

Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti ketika hadir dalam Sidang Terbuka Senat Universitas Muhammadiyah Malang Wisuda Ke-83 Periode I Tahun 2017

Meski begitu, mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa Inggris itu merasa ada beban tersendiri ketika hendak mengawali goresan pensilnya. Anja pun butuh waktu sampai dua minggu lamanya untuk mengerjakan wajah idolanya itu. Padahal, biasanya tidak butuh waktu selama itu untuk mengerjakan sebuah karya.

Setelah memilih berbagai foto yang ada di internet, akhirnya memutuskan menggambar Menteri Susi dengan gaya khas seorang Susi. Sosok menteri yang energik itu pun digoreskan di atas kanvas berukuran A2, yang tak hanya menampilkan keayuan, tapi juga senyum lebar khas dari Susi yang ceria.

“Ha ha, pas menggambar beliau sempat ketawa juga dan dag dig dug, takut kalau nggak mirip,” tambah Anja.

Kata Anja, dalam lukisannya itu sengaja menampilkan Menteri Susi yang sedang mengayuh bebek air khas dari UMM. Selain itu juga lengkap dengan background Gedung Kuliah Bersama (GKB) dan Dome UMM.

“Kampus tidak mengajukan permintaan khusus, hanya meminta karikatur dengan background UMM. Ide, semua pyur saya gali sendiri,” tambah.

Inilah Sosok di Balik Karya Karikatur Nyentrik Menteri Susi Pudjiastuti
Karikatur Menteri Susi Pudjiastuti @MalangToday.net/Pipiet Anggraeni

Pengalaman pertamanya menggambar sosok penting bangsa ini tentu menjadi sebuah motivasi besar. Dia pun berharap, karyanya akan semakin banyak membuat orang lain bahagia.

Selain melukis sosok Susi, Anja juga menggambar sosok mantan Menteri Keuangan Choirul Tanjung. Tidak jauh berbeda, karyanya ini juga menampilkan suasana khas kampus putih UMM.

“Untuk Pak Choirul Tanjung, saya gambar sedang mengayuh sepeda, karena UMM juga lekat dengan sepeda,” pungkasnya

Berikan tanggapan Anda

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here