Ilustrasi perias jenazah (Tirto)
Ilustrasi perias jenazah (Tirto)

MALANGTODAY.NET – Mendedikasikan diri pada suatu pekerjaan adalah suatu hal mutlak. Bahkan pada suatu pekerjaan yang banyak orang mungkin menghindarinya karena terkesan mistis. Salah satu pekerjaan yang mistis adalah perias jenazah.

Bagaimana tidak, seorang perias jenazah harus berhadapan dan mengurus jenazah secara langsung. Proses itupun berlangsung berjam-jam.

Baca Juga  Serem! Emak-emak Disirep Kerja di Pabrik Kosong, Seragamnya Ternyata Kain Kafan

Umumnya hal ini dilakukan di kamar jenazah. Beruntung jika sang perias memiliki asisten yang bisa menemaninya selama merias. Jika tidak ada asisten, mental seorang perias haruslah kuat.

Seperti yang pernah dilami oleh salah satu perias jenazah, Ver (46). Ia yang telah menjalani profesi sebagai perias jenazah kurang lebih selama 30 tahun pernah mengalami kisah-kisah mistis bersama dengan klien yang diriasnya.

Salah satunya yaitu ketika ia mendapat panggilan merias jenazah di sebuah rumah duka. Saat itu, waktu masih menunjukkan pukul 2 dini hari. Ia pun mengiyakan panggilan itu.

Sesampai di rumah duka, ia langsung menangani jenazah tersebut. Seperti biasa, sebelum merias ia melakukan ritual seperti perias jenazah pada umumnya. Ritual tersebut yakni komunikasi kecil untuk meminta izin kepada sang jenazah. Hal ini dilakukan agar jenazah mau diajak kerja sama selama dirias.

Di pertengahan proses merias, seketika lampu di ruangan tersebut mati. Kemudian ada seorang perempuan yang mendatanginya. Awalnya ia mengira perempuan tersebut adalah salah seorang keluarga dari jenazah. Namun, ia berubah pikiran ketika lampu menyala dan perempuan tersebut hilang.

“Saya tidak bicara sama dia, tapi saat dilihat sekilas, dia mirip sekali dengan jenazah yang sedang saya rias. Saat lampu nyala, saya keluar ruangan, begitu balik lagi orangnya sudah tidak ada,” tutur Ver dilansir dari Jawapos.com (17/4/2018).

Selain itu, kejadian mistis yang paling mengesankan yang pernah ia alami adalah ketika ia mendapat panggilan merias saat sore hari. Kala itu, ia sudah selesai merias pukul 18.00. Jenazah yang ia rias adalah korban kecelakaan.

Baca Juga  Serem! Emak-emak Disirep Kerja di Pabrik Kosong, Seragamnya Ternyata Kain Kafan

Selesai melakukan tugasnya, iapun pulang ke rumahnya kemudian tidur. Setelah terbangun, Ver pun dikejutkan dengan sosok bayangan yang mirip dengan wajah jenazah yang baru selesai diriasnya.

“Saya kaget banget. Mungkin tadi ketika merias saya tidak melakukan komunikasi dengannya terlebih dahulu sehingga ia merasa kurang puas dengan hasilnya. Saya minta maaf, ya mau gimana lagi memang risiko pekerjaan,” pungkasnya.


Penulis: Almira Sifak
Editor: Almira Sifak

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.