Ilustrasi wanita lumpuh (Kesaksian)
Ilustrasi wanita lumpuh (Kesaksian)

MALANGTODAY.NET – Di Inggris, seorang wanita bernama Nicole Biddulph dinyatakan mengalami kelumpuhan permanen di bagian pinggang ke bawah. Kelumpuhan ini ia derita akibat kesalahan dokter saat menanganinya.

Sebelumnya, wanita yang kini berusia 19 tahun ini menderita fibrosarkoma. Fibrosarkoma adalah tumor yang bermula dalam sel fibrosit dan jaringan ikat. Fibrosarkoma biasanya berkembang di lengan, kaki, maupun pinggul.

Pada usia empat tahun, Nicole menjalani biopsi di punggungnya. Biopsi ini dilakukan untuk mengetahui apakah benjolan yang ada di punggung Nicole itu termasuk kanker atau bukan.

Sayangnya, ketika melakukan biopsi, dokter secara tidak sengaja memutus sumsum tulang belakangnya. Posisinya saat itu adalah tumor fibrosarkoma membungkus sumsum tulang belakang perempuan asal Devon, Inggris ini.

Ia menyatakan bahwa hal itu terjadi di luar rencana. Akibatnya iapun harus menanggung kelumpuhan permanen yang menyerang bagian pinggang ke bawah.

“Itu tidak sesuai rencana dan akhirnya aku lumpuh dari pinggang ke bawah,” ujar Nicole dilansir dari Detik.com (2/1/2019).

Semenjak saat itu, beban Nicole menjadi bertambah. Ia harus berjuang melawan tumor ganas disamping kelumpuhan permanen yang diderita.

Untuk melawan tumornya, ia harus menjalani pengobatan berupa kemoterapi dan radioterapi. Kemoterapi yang berat itu harus ia jalani selama empat bulan. Sedangkan radioterapi ia jalani dalam 30 sesi.

“Kemoterapi itu sangat kuat, dan itu merusak sistem kekebalan tubuhku dan rambutku rontok,” ungkap Nicole.

Beberapa tahun kemudian, ia berhasil sembuh dari tumor fibrosarkoma. Sayangnya, hal itu tidak diimbangi dengan kesembuhan kelumpuhannya. Justru, ia harus bergulat dengan skoliosisnya yang semakin hari semakin berkembang. Sebab rasa sakit yang menyiksa, ia pun menjalani operasi untuk meluruskan tulang belakangnya.

“Aku mengalami kejang yang sangat parah. Ini bisa sangat menyakitkan dan tidak nyaman karena rasanya seperti rasa sakit yang menusuk sepanjang tulang belakang dan ke leherku. Itu juga membuat pinggulku miring,” katanya.

Nicole juga mengungkapkan bahwa ia tetap berpikir positif selama menjalani proses kesembuhan. Ia memiliki tekad yang kuat untuk bisa sembuh dan menularkan sikap positifnya ke orang-orang lain.

“Moto yang aku jalani adalah pergi keluar dan mewujudkan impian,” pungkasnya.


Penulis: Almira Sifak
Editor: Almira Sifak

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.