Batu Flower Garden, Romantisme di Ketinggian Lereng Panderman
Sepeda Udara @MalangToday.net/Istimewa

MALANGTODAY.NET – Kehadiran Batu Flower Garden (BFG) di Coban Rais Kota Batu membuat wajah baru kawasan wisata yang sebelumnya dikenal sebagai area perkemahan. Tidak hanya itu, warga Oro Oro Ombo dan sekitarnya secara ekonomi semakin bergeliat dengan peningkatan jumlah kunjungan wisatawan.

“Coban Rais tahun lalu dan sekarang sangat berbeda. Dulu per hari bisa dihitung tiket yang terjual, dalam seminggu berkisar 300 pengunjung. Saat ini naik drastis, per hari bisa 300 wisatawan yang datang, per minggu bisa sampai 1000 pengunjung,” kata Agus Susilo Koordinator Wisata Perhutani saat ditemui MALANGTODAY.net, Jumat (24/2).

Coban Rais dengan wajah baru memberikan dampak kepada masyarakat, selain pengunjung yang berlibur. Masyarakat setempat mendapatkan efek dari peningkatan kunjungan sehingga semakin produktif.

Nurhadi, Koordinator Parkir menuturkan, dahulu area parkir tidak memberikan penghasilan, kalaupun ada jumlahnya sangat kecil dan tidak bias dikelola. Tetapi sekarang parkir pengunjung yang memenuhi BFG dari pagi sampai petang bias dikelola oleh pemuda setempat.

“Sekarang sehari menghasilkan Rp 300 ribu, bahkan di hari libur bisa sampai Rp 900 Ribu,” kata Nurhadi.

Tidak hanya parkir ternyata, lapangan pekerjaan baru juga bermunculan, seperti tukang ojek ke lokasi BFG atau para juru foto yang menawarkan jasa, selain para penjual aneka makanan yang bisa ditemui di sekitar lokasi. Masyarakat setempat juga kreatif menyambut wisatawan dengan menjajakan aneka tanaman dan bunga.

“Kerjaan saya dulu cuma cari rumput, sekarang ada jasa ojek, bisa dapat penghsilan tambahan. Lumayan sehari kalau pas hari libur bisa Rp 150 ribu,” aku Wawan, tukang ojek.

BFG merupakan destinasi wisata baru yang terletak di Bukit Bulu Batu Raden, di Desa Oro-oro Ombo Kota Batu. Lokasi berada di Kawasan Wana Wisata Coban Rais, yang sebelumnya dikenal sebagai lokasi perkemahan dengan keindahan air terjunnya.

Sejak 10 Desember 2016, BFG dibuka dengan menawarkan keindah titik-titik spot untuk berfoto ria, selain perbukitan dan lereng gunung yang hijau. BFG sendiri dibangun di lereng Pegunungan Panderman dengan ketinggian 1.100 sampai 1.200 meter dari permukaan laut yang sejuk nan indah.

Berikan tanggapan Anda

Komentar Anda

Balas

Please enter your comment!
Please enter your name here