Tiga patung singa yang menjadi ikon Malang @flickr
Tiga patung singa yang menjadi ikon Malang @flickr

MALANGTODAY.NET – Setiap kali melintas di jalan sekitaran Stasiun Kota Baru Malang, pasti akan menjumpai tiga patung singa yang berdiri kokoh di sudut Taman Pintar Trunojoyo. Tiga patung singa ini berdiri menghadap ke segala arah. Warnanya yang kuning keemasan, kerap menarik perhatian orang-orang untuk berfoto ria dengannya.

Namun, apakah ZensTODAY tahu maksud pembangunan tiga patung singa tersebut? Apakah Zens juga tahu kenapa jumlahnya tiga? Biar tidak penasaran, yuk ikuti ulasan berikut ini.

Disarikan dari berbagai sumber, bahwa pembagunan tiga patung singa di sudut Taman Pintar Trunojoyo itu memiliki maksud tertentu. Pertama, (hewan) Singa (orang Malang menyebutnya Singo) merupakan simbol atau ikon Malang. Orang-orang akan segera tahu jika Malang identik dengan Singa alias Singo.

Perlambangan hewan Singa sendiri sudah ada sejak zaman kerajaan Singasari. Beberapa bukti peninggalan dari kerajaan ini berupa patung Singa. Misalnya pada dua candi yang berada di Malang, Candi Jago dan Candi Kidal.

Pada kedua candi tersebut terdapat relief singa yang melawan banteng. Sosok Singa tersebut digambarkan sebagai kekuatan dan keberanian, sebagai sosok penjaga kerajaan atau wilayah. Hal ini juga relevan dengan sosok hewan singa sebagai si raja rimba. Makna inilah yang kemudian dijadikan simbol dan identitas Malang.

Sosok Singa kemudian dijadikan sebagai lambang pemerintahan kota pada era Belanda. Dengan tidak menghilangkan sosok Singa, lambang ini menggambarkan Singa yang kuat dan kokoh.

Namun, lambang itu berganti sejak peringatan 50 tahun Malang pada 1965. Singa tidak lagi dipakai dalam lambang Kota Pendidikan ini. Singa digantikan dengan Tugu Malang dan bintang.

Tak lekang oleh waktu

Eksistensi sosok Singa tetap hidup karena dimanfaatkan sebagai lambang sepak bola kebanggan arek Malang, yakni Arema FC. Klub yang lahir pada Agustus 1987 ini memakai sosok Singa sebagai ikon olahraga tersebut. Meski dilepas dari lambang pemerintah, Singa tetap di hati masyarakat Malang.

Atas dasar itu pula, kemudian dibangun tiga patung singa di Taman Pintar Trunojoyo sebagai simbol kebanggaan arek Malang, terutama penghormatan terhadap Arema dan pendukungnya, Aremania.

Tentu jumlah patung yang dibangun juga memunyai maksud. Hal tersebut dituturkan oleh eks Wali Kota Malang, Moh. Anton saat meresmikan patung tersebut pada Minggu (28/12/2014). Anton mengatakan bahwa tiga patung tersebut melambangkan bersatunya tiga pimpinan daerah di Malang Raya, yakni Wali Kota Malang, Wali Kota Batu, dan Bupati Kabupaten Malang.

Nah, Zens, tentu kalian sekarang sudah tahu, kan, hubungannya Singa dengan masyarakat Malang, lalu maksud dibangunnya tiga patung Singa di Taman Pintar Trunojoyo itu?  Jadi, Zens tidak hanya berfoto saja di sana, tetapi juga tahu sejarah Singa di Malang. Untuk itu, ayo jaga dan lestarikan patung Singa itu. Jangan menaiki, merusak, dan mengotori lambang Malang tersebut, ya! (Bas)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.