Pablo Picasso meninggal @MalangTODAYnet
Pablo Picasso meninggal @MalangTODAY.net

MALANGTODAY.NET – Pablo Picassso adalah seorang pelukis beraliran kubisme yang cukup tersohor pada masanya bahkan sampai saat ini. Picasso lahir di Malaga, Spanyol pada 25 Oktober 1881 dan meninggal di Mougins, Prancis pada 8 April 1973 atau pada usia 91 tahun.

Mantan suami Jacqueline Roque ini tercatat sebagai salah seorang pelukis paling produktif semasa hidupnya. Dikutip dari Koranyogya.com (26/10/2018), Picasso telah menciptakan sekitar 80 ribu karya seni.

Keterampilan seninya ini bisa dibilang adalah anugerah yang diberikan Tuhan kepadanya sejak kecil. Selain itu juga dari dukungan kedua orang tuanya.

Diketahui ayah Picasso merupakan seorang pelukis. Ia begitu mendukung keinginan Picasso untuk mengikuti jejaknya. Kemudian sang ibu, berperan sebagai motivatornya untuk terus berkarya.

Sisi menarik Pablo Picasso tidak hanya dari lukisannya, tapi juga dari kehidupan pribadinya. Berikut adalah lima fakta unik dari kehidupan Pablo Picasso.

Nama Lengkap yang Panjang

Siapa sangka, pelukis yang kita kenal memiliki dua kata dalam namanya ini ternyata memiliki nama asli yang cukup panjang. Pablo Diego José Francisco de Paula Juan Nepomuceno María de los Remedios Cipriano de la Santísima Trinidad Martyr Patricio Clito Ruíz y Picasso, itulah nama lengkap dari Pablo Picasso. Wah, kamu bisa hafal nama lengkap Picasso dalam berapa menit nih Zens?

Disangka Meninggal Ketika Lahir

Saat dilahirkan, Picasso tidak menangis. Bidan yang membantu persalinan ibunya pun kemudian lebih fokus mengurus ibunya. Namun, paman Picasso adalah seorang dokter. Ia kemudian mengembuskan asap cerutu ke wajah Picasso. Barulah kemudian Picasso bereaksi dan menangis.

Pensil Adalah Kata Pertamanya

Umumnya, kata pertama yang diucapkan balita adalah ayah atau mama. Namun, hal berbeda justru dialami Picasso. Kata pertama yang disebut oleh Picasso adalah ‘piz’. Kata dalam bahasa Spanyol ini memiliki arti pensil. Nampaknya, ini kata ini adalah tanda bahwa semakin beranjak dewasa, Picasso akan hidup dengan pensil untuk melukis. Kalau kamu, kata pertama yang kamu ucapkan dulu apa Zens?

Diduga Pencuri Lukisan Mona Lisa

Picasso sempat dituduh sebagai pencuri lukisan terkenal karya Leonardo da Vinci yaitu Mona Lisa. Pelukis yang terkenal dengan lukisan The Weeping Woman ini bahkan sempat di penjara namun kemudian dibebaskan.

Playboy

Wanita adalah salah satu aspek yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan Picasso. Wanita pertama yang berjasa dalam hidupnya tentu ibunya, Maria Picasso Lopez. Selain ibunya, dalam jalinan asmara, Picasso juga terkenal dekat dengan beberapa wanita. Wanita-wanita tersebut juga abadi dalam karya Picasso seperti Fernanda Olivier, Marie-Thérèse Walter, dan Jacqualine Roque. (AL)

 

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.