Sscm
Book Hunter “Open the World” SSCM | Foto: SSCM 2017

MALANGTODAY.NET  – Sebanyak 25 anak mengikuti kegiatan Book Hunter yang diselenggarakan oleh Komunitas Peduli Anak Jalanan dan Anak Marjinal Kota Malang, Save Street Child Malang (SSCM), di Toko Buku Togamas Dieng (15/10).

Mengusung tema “Open the World”, kegiatan tersebut bertujuan mengembangkan lingkup pengetahuan anak ke segala penjuru dunia melalui sebuah buku. Tak hanya itu, tujuan utamanya yakni mendukung gerakan literasi sejak dini dalam hal membaca. Kegiatan ini memberi kesempatan pada anak-anak untuk memilih dan membeli buku sesuai minat mereka.

Kegiatan dimulai dengan beberapa permainan ringan yang menambah kekompakan dan semangat. Setelah itu mulai berburu buku dengan teknis pelaksanaan yakni satu anak didampingi oleh satu kakak. Tujuan pendampingan tersebut yakni agar setiap kakak dapat membimbing buku yang harus dibeli oleh anak-anak sesuai dengan konten maupun minatnya.

Sscm
Berburu buku | Foto: SSCM 2017

Rumi, salah satu anak yang mengikuti kegiatan Book Hunter, mengaku senang setelah berkeliling toko buku. “Senang sudah beli buku tentang penanganan ikan karena isinya ada tentang pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) gitu, dan kebetulan aku suka pelajaran IPA. Terus juga beli beberapa alat tulis,” papar Rumi.

Baca Juga: Ajak Generasi Muda ke Toko Buku, SSCM Dorong Literasi Sejak Dini

Setelah puas berkeliling dan berburu buku, anak-anak juga diajak untuk lomba membuat keterampilan. Setiap anak dibagi menjadi beberapa kelompok untuk menyusun kain-kain bekas layak pakai menjadi gantungan pot. Acara pun diakhiri dengan makan bersama serta pembagian buku yang telah dibeli.

Sscm
Membuat keterampilan gantungan pot dari kain bekas layak pakai | Foto: SSCM 2017

Melihat keaktifan anak-anak sepanjang acara, beberapa kakak pendamping mengaku terkesima dengan cara interaksi mereka. Salah satunya adalah Luqman, volunteer kegiatan Book Hunter yang masih berstatus mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) ini mengaku bahwa menjadi volunteer tidak hanya mendampingi dan mengantar saja, tapi juga memberi edukasi tentang pembelajaran dan bagaimana makna hidup yang baik.

“Tadi saya mendampingi Adik Vicky. Saya tanya dia sukanya apa, dia jawab suka Pramuka. Akhirnya saya sarankan beli buku tentang pramuka, lagi pula kontennya juga berisi tentang bagaimana hidup disiplin, kejujuran, dan tanggung jawab. Menurut saya, hal itu perlu sekali untuk diterapkan dikehidupan sehari-hari Adik Vicky,” ucap Luqman.

Sebagai bentuk berbagi dan peduli pada anak jalanan dan anak marjinal Kota Malang, diharapkan kegiatan Book Hunter yang diadakan rutin tiap tahun ini menjadi pacuan semangat untuk meningkatkan pengetahuan dan menggapai mimpi masing-masing. Karena kami percaya, mimpi mereka bisa berawal dari sebuah buku.

 

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.