KOPKI Malang di acara JCD 2017 (Dhimas)

MALANGTODAY.NET – Siapa tidak kenal anime One Piece karya mangaka terkenal asal negeri Sakura Jepang, Eiichiro Oda? Selain komik dan anime terkenal, One Piece juga mempunyai action figure keren, lucu, dan menarik.

Action figure adalah salah satu mainan koleksi yang paling populer di Indonesia. Jenis mainan ini banyak disukai oleh para kolektor karena harganya yang masih terjangkau, selain replikanya yang mirip dengan karakter anime, film, atau tokoh populer di dunia.

Khusus bagi para kolektor-kolektor action figure One Piece sendiri, ada Komunitas One Piece Kolektor Indonesia (KOPKI). Komunitas ini menjadi wadah berkumpulnya para pecinta action figure One Piece di seluruh Indonesia.

Anggota KOPKI Regional Malang (Dhimas)

KOPKI sendiri juga sudah memiliki beberapa regional yang tersebar di beberapa daerah, salah satunya adalah Komunitas One Piece Kolektor Indonesia (KOPKI) Regional Malang.

Sebelum menjadi KOPKI Regional Malang, nama awal komunitas ini ada One Piece Action Figure (OPAF) Malang yang dibentuk oleh dua orang, yaitu Herlangga dan Rievanno pada 30 November 2013. Tetapi baru kumpul perdana 30 Januari 2014 dengan jumlah anggota hanya lima orang.

Action Figure KOPKI Malang (Dhimas)

“Awal gath (kumpul) dulu lagi seneng-senengnya kumpul, soalnya kan baru, walaupun cuma berlima.

Sampai akhirnya pas gath ke-6 anggota sudah naik tiga kali lipat,” ujar Koordinator KOPKI Malang, Vanno, kepada MalangTODAY, Minggu (26/03).

Kemudian setelah banyaknya anggota yang tergabung dalam OPAF, ada sebuah kesepakatan bersama untuk bergabung dengan KOPKI. Akhirnya pada 2 Mei 2016 disepakati nama OPAF Malang diganti menjadi KOPKI Regional Malang.

Agenda kegiatan KOPKI Malang lebih sering menggelar gathering, Kopdar, dan mengikuti even yang berhubungan dengan basic mereka sebagai kolektor mainan.

“Serunya lagi kalau ngadain gath banyak yang datang, bisa share koleksi dan share tempat beli figure yang recomended,” tambahnya.

Vano menambahkan bahwa banyak suka duka yang telah dialami KOPKI Malang hingga hari ini.

“Awalnya susah memperkenalkan komunitas ini kalau cuma ngadain gath aja, perlu ikut event seperti kemaren Japan Culture Daisuki, untuk memperkenalkan komunitas dan menarik perhatian kolektor yg belum tahu ada KOPKI Malang,” ungkapnya.

Perlu diketahui juga, untuk satu action figure harganya bisa mulai puluhan ribu hingga jutaan rupiah.

“Harapan ke depan, bisa menjadi salah satu komunitas kolektor action figure yang dikenal di Malang, dan bisa mewadahi para kolektor One Piece di Malang Raya,” papar Vano. (ind)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.