Sejumlah anggota GOC saat sedang melakukan kegiatan (Bodaz)

MALANGTODAY.NET – Ketika sebagian besar generasi muda saat ini sibuk dengan smartphone dan gadget, ternyata masih ada yang berupaya melestarikan dan merawat sejarah bangsa Indonesia.

Di Kecamatan Gondanglegi ada sebuah komunitas anak muda yang masih menggemari sepeda onthel atau sepeda unta atau bisa disebut juga sepeda kebo. Komunitas itu dinamakan Gondanglegi Onthel Club (GOC).

GOC didirkan secara resmi sejak 6 Juni 2006, tujuan didirkannya GOC atas dasar kesamaan hobi para kolektor sepeda kuno itu di Malang Selatan khususnya Kecamatan Gondanglegi. Pertama kali didirikan anggota GOC mencapai ratusan orang.

BACA JUGA: Gondanglegi Onthel Club Gelar Tabur Bunga untuk Pahlawan

“Pernah vakum dan tahun ini mulai eksis lagi, tapi waktu vakum itu tetap ada saja yang ‘ngonthel’ ke luar kota biarpun cuma sendiri,” ujar Bodaz, salah satu anggota GOC kepada MalangTODAY, Sabtu (12/8).

Bodaz menambahkan bahwa berdirinya GOC tersebut atas inisiatif anak muda dan sesepuh yang hobi dengan sepeda kuno. Beberapa tahun silam di Malang Selatan memang banyak klub-klub atau komunitas pecinta sepeda onthel, serangkaian even juga sering digelar untuk mempersatukan dan bersilahturahim antar komunitas sepeda onthel.

“Iya, ide para anak muda dan para sesepuh onthel. Para penggemar sepeda lawas Gondanglegi,” imbuhnya.

GOC sendiri yang merupakan wadah berkumpulnya penggemar sepeda onthel di Kecamatan Gondanglegi bisa menjadi alat pemersatu tali silatuhrami antar sesama anggotanya. Tahun ini, GOC juga memiliki serangkaian kegiatan untuk memeriahkan HUT RI ke-72.(mas/zuk)

Berikan tanggapan Anda

Komentar Anda

Balas

Please enter your comment!
Please enter your name here