Hari Nelayan Indonesia @MalangTODAYnet
Hari Nelayan Indonesia @MalangTODAY.net

MALANGTODAY.NET – Kehidupan laut pasti tidak dapat dipisahkan dengan kehidupan nelayan. Kehidupan nelayan, juga tidak lepas dari campur tangan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti.

Menteri Susi kerap kali mengampanyekan kesejahteraan laut Indonesia agar ekosistem laut tetap terjaga. Selain itu, regulasi dari Menteri Susi juga berdampak pada terselamatkannya laut Indonesia dari kapal-kapal asing pencuri ikan.

ZensTODAY tentu ingatkan dengan “Tenggelamkan!” atau “Yang tidak makan ikan, saya tenggelamkan!” Betul, itulah kalimat-kalimat dari Menteri Susi.

Lantas, apakah hubungan Menteri Susi dan para nelayan terjalin dengan baik? Beberapa orang mengatakan belum.

Dikutip dari Suara.com (15/1/2019), Eks Menteri Perekonomian Rizal Ramli menilai Menteri Susi belum mengombinasikan dengan baik antara upaya pemerintah dan kesejahteraan nelayan itu sendiri. Padahal pada kenyataannya, yang banyak beraktivitas di laut adalah nelayan.

“Ibu Susi bagus sekali untuk land clearing, tapi (tidak) untuk bangun dan nanam empatinya. Itulah yang menjelaskan kalau ada polling di kota besar, semua senang Ibu Susi, gerakannya nyentrik. Tapi coba ke nelayan-nelayan, ceritanya beda sama sekali,” ungkap Rizal Ramli.

Sementara itu, Menteri Susi sempat mengatakan bahwa dirinya ogah untuk datang ke pesisir pantai selatan karena alasan tertentu. Saat kunjungan ke Pantai Prigi di Trenggalek, Menteri Susi mengaku kedatangannya hanya karena memenuhi undangan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Menteri Susi tak segan mengungkapkan alasannya yaitu karena dirinya merasa dikhianati oleh para nelayan. Sebab, para pencari ikan di sana menggunakan jaring paying serta rumpon-rumpon untuk menangkap benur atau baby lobster. Sedangkan penggunaan alat tersebut dilarang oleh pemerintah.

“Kalau bukan karena diminta oleh Pak Johan Budi (caleg DPR RI dari PDIP), diminta oleh Bu Khofifah (Gubernur Jatim) dan Pak Emil Dardak (Wagub Jatim), saya mungkin tidak pernah kepingin ke sini,” tegas Menteri Susi saat berdialog dengan komunitas nelayan Prigi, Trenggalek dilansir dari Solopos.com (7/2/2019). (AL)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.