Polisi Gerebek Pabrik Mie Formalin
Kepolisian Garut mengungkap kasus pabrik mie yang beroperasi 10 tahun mencampur produknya dengan formalin @MalangTODAY/istimewa

MALANGTODAY.NET – Pabrik mie yang diduga mencampur adonan mie dengan bahan kimia formalin selama 10 tahun digerebek oleh pihak kepolisian. Pada penggerebekan tersebut kepolisian telah mengamankan pemilik pabrik berikut dengan barang-barang bukti.

Kepala Satuan Reserse Kriminal Polres Garut, AKP Hairullah mengatakan pengungkapan kasus ini berawal dari laporan keresahan warga tentang adanya pembuatan mie yang dicampur dengan bahan kimia formalin. Hairullah menambahkan pihaknya telah menangkap UK (37) selaku pemilik pabrik mie.

Ia menyampaikan, hasil laporan masyarakat itu, pihaknya melakukan penyelidikan lebih lanjut hingga akhirnya dilakukan pemeriksaan terhadap pabrik tersebut.

Hasilnya, lanjut dia, di pabrik tersebut ada satu jeriken yang diduga formalin untuk bahan campuran pembuatan mi.

Mi basah yang diproduksi UK itu, kata Hairullah, menggunakan zat kimia agar mie dapat bertahan lama sehingga tidak mudah basi saat dijual ke pasaran. “Sekarang mi tersebut sedang diuji laboratorium untuk mengetahui kandungannya,” katanya.

Kepolisian mengamankan barang bukti formalin, kemudian mi yang diduga telah bercampur dengan formalin sebanyak 150 gram di dalam pabrik yang telah beroperasi mulai tahun 2000 ini.

Dari pengakuan tersangka bahwa mie tersebut biasa diedarkan di wilayah Bandung, namun tidak disebarkan ke daerah Garut.

“Sudah rutin dijual ke Bandung, sedangkan di wilayah Garut tersangka mengaku tak mengedarkannya,” kata Hairullah.

Polisi masih mengembangkan kasus pembuatan mi mengandung bahan kimia formalin itu.

Akibat perbuatannya itu, tersangka dijerat pasal 136 junto pasal 75 Undang-undang nomor 18 tahun 2012 tentang pangan dengan ancaman hukuman di atas lima tahun penjara.(zuk)

Berikan tanggapan Anda

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here