Lagi-lagi, Kota Bandung Dilanda Hujan Es
ilustrasi hujan es @MalangTODAY/bulletinmetropolis

MALANGTODAY.NET – Fenomena hujan es melanda sejumlah wilayah Kota Bandung, pada Rabu (19/4) siang. Seperti yang bisa dilihat di kawasan Sadang Serang dan Dipati Ukur.

Prakirawan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bandung, Neneng Sugianto mengatakan ukuran es yang jatuh bervariasi dari butiran kecil hingga sebesar kelereng.

Menurutnya, hujan es ini terjadi akibat proses kondensasi yang kelewat dingin sehingga air yang menguap berubah bentuk menjadi kristal es.

“Hujan es terjadi akibat proses kondensasi yang terlewat dingin hingga mencapai freezing level. Dengan suhu minus 44 derajat Celcius sehingga terbentuk butiran es. Jadi begitu turun ke bawah masih berupa butiran es,” ujarnya.

Sementara itu, salah seorang warga Kota Bandung mengaku hujan es tersebut bahkan membuat kaca jendela rumahnya sampai retak.

“Kaca jendela rumah sampai retak akibat hujan es tadi. Ngeri juga sih tadi pas hujan es,” ucap warga Jalan Sadang Sari 43 Kota Bandung, Lala sebagaimana dikutip dari Antara.(zuk)

Berikan tanggapan Anda

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here