Ketiga Nama ini Siap Melenggang di Kursi N1 Pilkada 2018, Termasuk Pilihanmu?
Ilustrasi @MalangTODAY/Istimewa
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

MALANGTODAY.NET – Bertempat di Monumen Bandung Lautan Api Lapangan Tegalega Bandung, M. Ridwan Kamil atau yang biasa dikenal dengan nama ‘Kang Emil’ resmi mendeklarasikan dirinya sebagai Calon Gubernur Jawa Barat Periode 2018-2023, pada hari Minggu (19/3).

Di balik pencalonan dirinnya sebagai Gubernur Jawa Barat yang baru, berikut beberapa fakta unik terkait aksi Kang Emil yang dirangkum dari sumber Kantor Berita ANTARA.

PARTAI PENGUSUNG

Partai Nasional Demokrat (NasDem)-lah yang resmi mendeklarasikan Wali Kota Bandung M Ridwan Kamil sebagai Calon Gubernur Jawa Barat Periode 2018-2023. Pendeklarasian tersebut tertuang dalam Surat Rekomendasi Nomor 020-SI/DPP/Nasde/III/2017, dan surat tersebut diserahkan langsung oleh DPW Partai NasDem Jawa Barat Saan Mustopa kepada Ridwan Kamil.

Dalam sambutannya, Saan Mustopa mengemukakan bahwasanya, deklarasi tersebut merupakan momentum bersejarah bagi Partai Nasdem yang menjadikan pilkada sebagai misi utama guna mencari putra putri terbaik bangsa, untuk menjadi pemimpin di daerahnya masing-masing.

“Dan hari ini NasDem telah menemukan putra terbaik dari Jawa Barat untuk menjadi calon gubernurnya,” kata Saan.

 

KANG EMIL NAIK SISINGAAN

Bersama dengan  Ketua DPW Partai Nasional Demokrat Jawa Barat, Saat Mustapa, pria yang akrab disapa Kang Emil itu pun datang ke Lapangan Tegalega dengan menaiki Sisingan.

Ridwan Kamil yang mengenakan kemeja lengan panjang berwarna biru itu sesekali melambaikan tangannya dan menyalami balik warga di sekitar Lapangan Tegalega Bandung.

Usai tiba di panggung utama, Surya Paloh yang notabene Ketua DPP Partai NasDem dan Menteri Perdagangan Enggartiasto L pun ikut hadir dalam acara tersebut.

 

TERHARU SAAT MOMEN DEKLARASI

Ridwan Kamil terharu saat menceritakan silsilah atau sejarah tentang keluarga besarnya pada momen deklarasi tersebut.

“Saya datang dari keluarga pejuang. Kakek saya almarhum Panglima Hizbullah di Jawa barat. Uwa (Paman/Bibi) saya gugur membela Indonesia. Membawa santri melawan Belanda,” kata Ridwan Kamil dengan intonasi berat.

Kang Emil pun sempat terhenti sejenak ketika memberikan sambutan yang menyangkut cerita terkait sejarah keluarganya tersebut.

“Itulah sejarah sedikit yang tidak pernah saya ceritakan tapi menunjukkan darah pejuang darah yang selalu hadir dalam diri saya sehari-hari. Saya sangat Sunda, dari sisi etnisitas ayah saya orang Subang dari kakek orang Garut dan nenek dari Sumedang,” katanya

 

ARTI NAMA M. RIDWAN KAMIL

Dalam momen tersebut, Kang Emil menceritakan tentang arti nama Muhammad Ridwan Kamil di hadapan ribuan warga yang hadir di Lapangan Tegalega Bandung.

“Nama saya Muhammad Ridwan Kamil, itu doa dari orang tua. Muhammad supaya terinspirasi Nabi Muhammad. Ridwan artinya diridhoi atau malaikat surga dan Kamil artinya insan yang sempurna,” katanya

Dengan nama yang disematkan kedua orang tuanya tersebut, Kang Emil pun berharap bisa menjadi penjaga atau komitmen perjuangan hidupnya untuk senantiasi memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.

 

TIGA SYARAT NASDEM UNTUK RIDWAN KAMIL

Kepada ANTARA, Ketua Umum Partai Nasional Demokrat (NasDem) Surya Paloh, mengatakan bahwasanya,

“Ada kesepakatan yang telah terjadi antara Ketua Umum Partai NasDem dengan Ridwan Kamil, untuk itu deklarasi hari ini dilaksanakan.”

Syarat yang pertama adalah, apabila rakyat telah memberikan amanah dan menempatkan Ridwan Kamil sebagai gubernur definitif Jawa Barat maka dalam melaskanakan fungsi, peran dan tugas jabatan yang diembannya maka Ridwan Kamil harus menjadikan Jawa Barat sebagai benteng Pancasila yang melindungi seluruh warga masyarakat.

Syarat yang kedua adalah, ketika memenangi dan duduk menjadi pimpinan daerah Jawa Barat maka Ridwan Kamil harus menjadi milik seluruh masyarakat Jawa Barat dan seluruh parpol yang ada.

Syarat yang terakhir adalah, Ridwan Kamil harus mampu mengkonsolidasikan roda pemerintahan Jawa Barat di bawah dirinya dengan harapan bisa membawa peran serta masyarakatnya dalam memahami arti pembangunan nasional dan mendukung pemerintahan Presiden Joko Widodo yang sedang berupaya mempercepat proses pembangunan serta persiapan Pemilihan Presiden 2019.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

Berikan tanggapan Anda

loading...

Balas

Please enter your comment!
Please enter your name here