Waspada Gempa, Kepala BPBD Kota Malang Berikan Trik Segitiga Kehidupan
Ilustrasi (Istimewa)

MALANGTODAY.NET – Kabar duka dari lombok hingga saat ini masih mengguncang masyarakat. Bagaimana tidak, gempa bumi yang terjadi beberapa hari lalu dengan skala 7 skala richter itu cukup memakan banyak korban. Selain itu, gempa – gempa kecil dan susulan juga masih berlanjut hingga beberapa waktu terakhir dan berdampak kerusakan yang lebih parah dari sebelumnya.

“Dari ilmu yang sudah kita peroleh sejak kecil, berlindung dari gempa biasanya diarahkan untuk berlindung di bawah meja agar terhindar dari reruntuhan,” Ungkap Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kota Malang J. Hartono. Ia mengungkapkan bahwa ada trik lain yang tidak kalah berguna untuk menghadapi bencana gempa bumi.

Baca Juga: Pensiun, Bintang Film Dewasa Ini Kini Rambah Youtuber!

Lebih lanjut, pria yang akrab disapa Hartono itu mengungkapkan bahwa trik yang tidak kalah hebat yakni segitiga kehidupan. Segitiga kehidupan sendiri adalah sebuah trik di mana cara untuk melindungi diri dengan memanfaatkan ruang kosong dari reruntuhan dan sebuah benda.

“Secara sederhana, saat bangunan runtuh, langit-langit akan runtuh menimpa benda atau furniture sehingga menghancurkan benda-benda tersebut,” jelasnya. Hartono juga menerangkan jika semakin besar bendanya, maka semakin kuat benda tersebut dan semakin kecil kemungkinannya untuk remuk. Semakin sedikit remuk, semakin besar ruang kosongnya, semakin besar kemungkinan untuk orang yang menggunakannya untuk selamat dari luka-luka.

Baca Juga: Nggak Cuma Mahal, Ini Alasan Emak Marah Jika Tupperware Hilang

“Hal ini sudah banyak dilakukan oleh masyarakat jepang ketika gempa menimpa negaranya. Dan dari negara itulah trick segitiga kehidupan banyak digunakan oleh masyarakat dari negara lain,” tandasnya.

Reporter : Choirul Anwar
Editor : Kistin Septiyani

Loading...