Waspada Gempa, Begini Pesan BPBD Pada Masyarakat
Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Malang, Bambang Istiawan (istimewa)

MALANGTODAY.NET – Belum genap satu bulan ini gempa bumi sudah beberapa kali mengguncang Kabupaten Malang. Hari ini, Rabu (8/8), gempa dengan magnitudo 5,2 skala richter (SR) kembali terjadi.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Malang, Bambang Istiawan mengatakan bahwa potensi terjadinya bencana alam di wilayahnya memang tak bisa dihindari, selama ini Kabupaten Malang memang termasuk daerah yang rawan terjadinya bencana alam.

Baca Juga: Usai Lombok, Gempa Guncang Kabupaten Malang

“Kami minta pada masyarakat supaya tidak panik, dan tetap berhati-hati. Kabupaten Malang memang mempunyai potensi besar terjadinya gempa bumi dengan skala yang besar,” kata Bambang.

Meskipun belum ada penentuan status terkait gempa bumi yang beberapa waktu terakhir terjadi di Kabupaten Malang, BPBD hanya bisa memberikan sebatas imbauan pada masyarakat.

“Imbauan kami berikan agar warga bisa melakukan upaya penyelamatan, jika sampai terjadi bencana. Meski datangnya bencana yang memang tidak bisa dipastikan meskipun telah diprediksi,” terangnya.

Baca Juga: 10 K-pop Idol Ini Punya Tubuh Paling Seksi, Ada Idolamu?

Bambang sendiri berharap dengan adanya imbauan dari BPBD, jika terjadi bencana alam tidak sampai menimbulkan korban jiwa dari masyarakat.

“Kami berharap mudah-mudahan Kabupaten Malang dijauhkan dari bencana,” tandasnya.

Hari ini malang dan sekitarnya diguncang gempa berkekuatan 5,2 skala richter. Gempa yang terjadi pukul 13.09 WIB berjarak 68 kilometer arah Barat Daya Kabupaten Malang. Gempa bumi ini dinyatakan oleh BMKG tidak berpotensi sunami.

Reporter : Dhimas Fikri
Editor : Kistin Septiyani